nhk

MotoGP 2014 Test Valencia: FTR Yamaha Baru Sebiji, Edwards dan Aleix Bergantian

 

ManiakMotor – FTR Yamaha berbasis sasis FTR dan mesin M1, baru sebiji saat test di sirkuit Valencia, Spanyol yang berlasngung 11 – 13 November 2013. Dari namanya itu hasil kolaborasi Yamaha dengan rumah modifikasi FTR. Tim penggunanya  NGM Mobile Forward Racing.

Jokinya Colin Edwards (AS) yang ‘pelanggan’ lama Yamaha dan Aleix Espargaro (Spanyol) yang musim 2013 merajai CRT bersama tim Power Electronics Aspar. Sayang, FTR Yamaha baru bisa dijajal satu unit saja karena yang lain masih dirakit. Maka, Edwards dan Aleix pun harus pakai bergantian. Dan, keduanya pun masih sibuk merancang ergonomik semacam pososi duduk dan  setelan setang sesuai style masing-masing.

Itu memang standar setiap kali pembalap dapat pacuan baru. “Saya punya sejarah panjang dengan Yamaha, jadi sekarang ini ibarat pulang ke rumah. Motor ini seperti kereta api barang, saya merasa nyaman karena geometrinya sangat bagus. Tentu saja ada isu yang masih harus dikebangkan, seperti bagian elektroniknya,” kata Edwards, pembalap tertua MotoGP saat ini (jelang 40 tahun) yang musim 2005 sampai 2011 memperkuat Yamaha lewat tim pabrikan maupun satelit Tech3.

Soal kelemahan di area elektronik juga disinggung Aleix meski ia hanya setengah jam membesut mainan barunya. Ia pun memberikan koreksi pada model fairing yang digunakan saat ini tanpa seebut alasan detilnya. “Saya hanya dapat 17 laps karena motor itu juga dipakai Colin. Penampilan pertama sangat menyenangkan. FTR sudah melakukan pekerjaan hebat dalam waktu hanya 4 pekan,” katanya.

Aleix meraih waktu tercepat 1:32,847 dalam lap ke-17-nya dan menduduki urutan 15. Kalah jauh dari adiknya, Pol Espargaro, yang membesut M1 milik Tech3. Pol menempati urutan 9. Edwards sendiri hanya meraih posisi 16. Entahlah hari ini, masih kalah dari yang muda-muda. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Valencia MotoGP, 11 – 13 November 2013

MotoGP Test Valencia: Honda Luncurkan Dua Model, Hari Ini Fokus 2014

MotoGP 2014 Test Valencia: Rossi Masih Bahas Pengereman, Lorenzo Tunggu Sepang

MotoGP 2014 Test Valencia; Pol Espargaro Calon Pengganti Rossi, Calon Penantang Marquez

MotoGP 2014 Test Valencia: Crutchlow Bilang Ducati Makhluk Asing

 

 

 

 

BAGIKAN