nhk

MotoGP 2014 Test Valencia: Marquez Masih Berjaya, Pedrosa Kembali Terancam

 

ManiakMotor – Tak mengherankan kalau Marc Marquez lagi-lagi tercepat pada hari terakhir tes Valencia, Rabu (12/11). Sebab sudah terheran-heran dengan aksi-aksinya sepanjang seri 2013 dan hasilnya juara dunia 2013. Yang mengherankan adalah performa rekan satu timnya, Dani Pedrosa.

Dengan pacuan prototipe 2014, MM bukukan waktu tercepat 1:30,287 yang hanya lebih lambat 0,05 detik dari rekor yang cetak saat meraih pole position GP Valencia. Itu ia cetak pada lap ke-54 dari 56 lap yang dijelajahi. Artinya,  MM tetap berjuang mempercepat waktunya sampai kesempatan terakhir. Tidak kata terlena soal juara barusan didapatnya, semangat terus. Dengan mencepai limit, kelemahan motor akan segera diketahui.

Kira-kira begitu, walau tidak diceritakan. Namun bisa tergambar sikit-sikit dalam rilis Repsol Honda Team. Katanya, MM hanya fokus pada satu model pacuan pada hari terakhir tes. Ia banyak melakukan modifikasi setingan dan konfigurasi elektronik dengan membawa pacuannya ke batas optimum. Tuh kan! “Saya senang dengan catatan waktunya. Yang lebih penting adalah memberikan banyak data dan masukan untuk kemudian diolah di Jepang. Dengan begitu para teknisi bisa meng-up date pacuan untuk sesi tes resmi di Malaysia kelak,” ujarnya. Ya karena digeber sampai limit. 

Beda dengan DP yang mencetak waktu tercepatnya 1:30,992 pada lap ke-32 namun gagal mempertajamnya meski ia menjalani total 70 laps. Ia berkilah masih butuh adaptasi dengan pacuan barunya. Ia pun lebih banyak melakukan analisa dengan beragam perubahan setingan. 

Dengan penguasaan spek 2014 dari MM, jelas ancaman buat Pedrosa pada musim depan. Bisa semakin berat baginya untuk bersaing dengan Marquez untuk perebutan gelar. Ancaman lain untuk Pedrosa datang dari Jorge Lorenzo, sang musuh bebuyutan dari Yamaha. Bukan cuma ancaman di lintasan, tapi posisinya di Repsol Honda.

Desas-desus sudah beredar kalau bos HRC Shuhei Nakamoto kepincut kepada JL dan ingin menyandingkannya dengan Marquez pada musim 2015. Nah lho! Tapi, namanya gossip, itu bisa bermakna ganda. Bisa benar keinginan Nakamoto begitu, tapi bisa juga itulah cara Nakamoto untuk menyentil Pedrosa dengan harapan semangat dan motivasinya makin besar berkompetisi.

DP pun harus telan pil pahit karena tak cuma kalah dari MM, tapi juga ditekuk dua rider tim satelit. Tercepat kedua dan ketiga ditempati Bradley Smith (Yamaha Tech3) dan Stefan Bradl (LCR Honda). Smith luar biasa tuh. Catatannya bisa mendekati milik Jorge Lorenzo di Q2 yang 1 menit 30.577, Smith dapat 30.598. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Valencia MotoGP, 11 – 13 November 2013

MotoGP 2014 Test Valencia: FTR Yamaha Baru Sebiji, Edwards dan Aleix Bergantian

MotoGP Test Valencia: Honda Luncurkan Dua Model, Hari Ini Fokus 2014

MotoGP 2014 Test Valencia: Rossi Masih Bahas Pengereman, Lorenzo Tunggu Sepang

MotoGP 2014 Test Valencia; Pol Espargaro Calon Pengganti Rossi, Calon Penantang Marquez

 

BAGIKAN