nhk

MotoGP 2014 Test Valencia (Pramusim 2015): Hati-Hati… Suzuki Di Tangan Aleix Espargaro, Bisa Ganas

 

ManiakMotor – Luar biasa di hari pertama testing pramusim di Valencia 10 November yang dilakukan Aleix Espargaro. Kansnya di jok Suzuki GSX-RR menjanjikan. You bayangkan kali pertama pegang tuh motor catatannya tinggal selisih 1.3 detik dari yang tercepat dipegang M1 Lorenzo. Saat dipakai Rendy de Puniet di sirkuit yang sama ketinggalan 2 sampai 3 detik bro.

 Namanya baru pegang motor, tentu tak langsung kepegang tuh kuda besi prototipe. Aleix masih mengatur-atur ergonomic dan merasakan karakter motornya. “Itu pun saya masih gugup mengembangkan kecepatan. Ternyata motor ini lebih baik dari yang saya bayangkan,” kata Aleix yang tepatnya mencetak 1 menit 32.15 detik yang menempatkannya di posisi ke-14.

Bayangan yang ada di Aleix tentu lebih jelek dari yang ia rasakan di jok Suzuki. Tapi dia spontan bilang ternyata bagus. Pastilah ia  membandingkan dengan motor yang selama ini digebernya M1 bekas milik NGM Mobile. Bahkan ia memuji manuver rangka GSX-RR di dalam tikungan. Motor ini juga bisa dibikin tenang dari perangkat elektroniknya yang mengendalikan kontrol traksi. Bahkan katanya, di sisi elektronik jauh lebih baik dari kelas yang diikutinya di Open Class 2014.

Namun Aleix memberi masukan secera terbuka pada insiyur Suzuki, ada kekurangan krusial yang segara dibenahi. Itu motor baru enak di tikungan, lantaran power masih kurang, hehe. Maksud Aleix, untuk power diajak ke top speed masih perlu ditambah sekitar 20 km/jam. Wah banyak kaleee tuh.

Artinya lagi bila Aleix bisa mengkombinasikan antara kelebihan manuver GSX-RR dan kpower, bukan tak mungkin Aleix bisa menganggu Honda dan Yamaha. Waw… ya itu harapannya, seperti tindak-tanduk Aleix di Open Class saat single lap merepotkan para jagoan. Ya lanjutkan dan ditmbah tenaganya sesuai permintaan Aleix, segera.

Sementara rekan setimnya debutan dari Moto2 Maverick Viñales masih beralasan bahwa MotoGP dan Moto2 sangat berbeda. Ia masih mempelajari power motor ini untuk masuk keluar tikungan. Yang pasti doski senang berada di jok Suzuki kali pertama. Ito

BACA JUGA

Hasil Test Pramusim MotoGP 2015 Valencia, Spanyol 10 – 12 November 2014

MotoGP 2014 Test Pramusim 2015 Valencia: M1 Merajai Test Hari Pertama, Lorenzo Memimpin

MotoGP 2014 Test Valencia (Pramusim 2015): Marc Diistirahatkan, Alex Geber RC213V

MotoGP 2014 Valencia (Pasca Race): Keluarga Marquez dan Espargaro Satu Panggung

BAGIKAN