nhk

MotoGP 2014: Total 981 Kecelakaan Musim Ini, Terbanyak Pembalap Indonesia, Hehe..!

 

 

ManiakMotor – Analisa portal ini sendiri disandingkan dengans data yang dikeluarkan MotoGP.Com soal kecelakaan 2014. Celaka di balap motor adalah biasa. Malah pembalap yang tak pernah cilaka disebut pembalap cari aman. Kecelakaan terjadi lantaran usahanya menggeber motor di atas limit alias melampui kemampuan riders dan motor itu sendiri. Tapi dari situ justru didapat kelemahan motor dan sampai di mana skill joki sebenarnya. Sebaliknya, bila cilaka mulu tanpa tujuan, itu joki yang nggak terampil, namanya cilaka 12.

Di MotoGP  Marc Marquez tahu ini hanya 11 kali jumpalitan. Itu menurun dibanding 2015 yang 15 kali, munkin sudah terpengaruh main safe. Yang paling ‘main aman’ adalah Jorge Lorenzo yang cuma dua kali jatuh kecil, hehe, tahun ini.  Dari data ini boleh dilihat seriusnya seorang joki dari analisa di atas. Boleh dibuktikan juga dengan prestasi mereka di trek.

Tapi rata-rata crash tahun ini meningkat dibanding 2013. Salah satu sebab jumlah kecelakaan tahun ini ya persaingan yang  tajam. Dalam 18 seri balap tahun ini terdapat total kecelakaan 981 kali di semua kelas, bertambah 118 dari tahun lalu.

Di MotoGP terjadi 206 kali crash, 61 di antaranya terjadi saat balapan. Pembalap MotoGP yang paling sering kecelakaan tahun ini beralih kepada Bradley Smith, rider Inggris dalam tim Monster Yamaha Tech3. Dalam usahanya memperlihatkan seriusnya doi membawa M1 kelas dua, dia harus jumpalitan 16 kali.

Di kancah Moto2 terjadi 408 kali kecelakaan, 134 terjadi saat raceday. Anak baru Sam Lowes jalani masa belajarnya dengan 25 kali kecelakaan. Yah, beda tipislah dengan Axel Pons dan Sandro Cortese yang terpental-pental 22 dan 20 kali.

Meski berpenghuni pembalap muda dan acap sradak-sruduk, ternyata kecelakaan di Moto3 lebih sedikit dibanding Moto2. Di kelas para rider bernyali tiggi itu cuma 367 kecelakaan, 140 kali saat balapan. Anak Moto3 yang paling ‘berprestasi’ dalam katagori ini adalah para rookie macam Karel Hanika (24 kali jatuh) dan Niccolo Antonelli (22 kali).

Sirkuit musim ini yang paling banyak menyumbang kecelakaan adalah Misano yang juaranya Valentino Rossi. Tercatat 109 kali, jauh lebih banyak dari musim 2013 yang hanya 66 kali. Itu terjadi karena sesi latihan Jumat berlangsung hujan dan kebanyakan kecelakaan terjadi pada sesi tersebut. Sirkuit terbanyak kedau dan ketiga ditempati Philip Island Australia dan Motegi Jepang, masing-masing catat 71 kecelakaan.

Dan rekor terbanyak dari pembalap Indonesia yang mencatkan diri 36 kali jatuh. Tapi maaf itu tahun lalu dan tidak diberitakan, hehe. Saat itu ada dua pembalap Indonesia ikutan di Moto2. Cari tahu saja siapa dia? Saat itu si pembalap ini menghabiskan 26 rangka Moto2 yang hancur. Tapi itu usahanya untuk segera beradaptasi dengan motor dan sirkuit yang belum pernah dijejakinya. Sayang, tahun ini doski nggak ikut. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Rossi (36) Bakal Bahaya, Marquez Beri Perhatian Khusus 2015

MotoGP 2014: Test Pneumatic Di Valencia, Aprilia Kembangkan SSG, Saingi Merek Jepang

MotoGP 2014 Test Pramusim Valencia: Aleix Masih Atur-Atur Ergonomik Suzuki GSX-RR, Tapi Bisa Cepat

BAGIKAN