nhk

MotoGP 2014: Untuk Gelar MotoGP, Tinton Sebagai Pengelola Sentul Tunggu Aksi Pabrikan

 

 

ManiakMotor – Tersebar berita Thailand dapatkan satu seri MotoGP 2016 di trek internasionalnya, Buriram. Padahal, Dorna maunya di Indonesia. Pakbos Sirkuit Sentul Tinton Suprapto pun sikit kaget atau memang pura-pura kaget dengar kabar itu dari maniakmotor.com. “Yang bener lu, coba gue cek dulu! Pan seharusnya di Indonesia!” tukasnya sembari kasih perintah ke sekertaris untuk menelpon bigboss Dorna Sports Carmelo Ezpelata.

Sayang, Pak Carmelo masih tidur dan ndak bisa terima telepon hehehehe, masih subuh di Eropa! Tinton berbicara di ruangannya di Sentul pada 21 Oktober 2014 saat bersamaan hadir dua pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Keduanya didamping tim inti HRC. 

Intinya, kata Tinton, pihak Sentul siap saja memenuhi persyaratan teknis dari Dorna dan FIM (Federasi Balap Motor Dunia). “Dari segi idealismenya, menggelar balapan dunia itu kebanggaan bangsa. Dari aspek bisnisnya yang paling berkepentingan pabrikan. Jadi, ayo para pabrikan, kita sama-sama wujudkan itu. Bagaimana segala sesuatunya ayo duduk satu meja. Nggak kuat bos kalau semuanya harus diserahkan ke Sentul,” katanya berapi-api dan jangan sampai api-apinya doang, bos.

Dari segi SDM, ia tak khawatir karena Sentul sudah pengalaman menggelar berbagai balap dunia, antara lain GP125/25/500cc pada musim 1996 dan 1997. Ia tak sependapat kalau keinginan menggelar MotoGP ditumpahkan pada pemerintah. Lebih tepat, katanya, sepenuhnya swasta dan dijalankan profesional. Pemerintah hanya membantu bilamana perlu. “Swasta itu yang julan motor di Indonesia sebagai peserta MotoGP. Selebihnya sponsor-sponsor pendukung,” jelas Tinton.

Dalam kesempatan berbeda, Moreno Suprapto pun seperti enggan kalau Thailand mendahului Indonesia menggelar MotoGP. Si Moreno ini anaknya Tinton. “Masa sih kita harus kalah dari mereka. Kalau bisa ya jatuh ke kita. Saya akan coba jajaki kemungkinannya dan bawa ke komisi,” kata pembalap nasional itu yang kini jadi anggota DPR-RI Komisi X yang antara lain membawahi olahraga.

Jangan janji politik. Andro

BACA JUGA

Sangat Ingin Indonesia, Dorna Terpaksa Pilih Thailand Gelar MotoGP 2016

MotoGP 2014: Marquez-Pedrosa Bikin Rekor Baru di Sentul Dengan CBR150R Dan RCV

MotoGP 2014 Sepang (Jelang): Marquez Ingin Duel Dengan Alex, Burn Out Pakai CBR150R Lokal Di Sentul

MotoGP 2014 Marquez Salam Dua Jari Dari Atas RC213V-nya Di Sentul

MotoGP 2014: Teknik Pedrosa/Marquez Sama Naik Honda CBR150R Lokal Dan RCV

BAGIKAN