nhk

MotoGP 2014 Valencia (Jelang FP3/Q2): Pedrosa Masih Sibuk Urus Distribusi Bobot

ManiakMotor – Dani Pedrosa adalah ‘raja’ Valencia. Ia pembalapo terbanyak yang menang di trek anti-clockwise itu. Dua FP berlalu, posisinya malah mentok di urutan 5 pada Jumat 7 November dan akan berlanjut 8 November, Sabtu ini sesi latihannya.

DP berdalih, fokusnya pada sesi Jumat hanyalah mencari kombinasi ban yang tepat, terutama untuk ban asimetris di roda depan. Menurutnya hal itulah yang krusial memasuki sesi kualifikasi pada Sabtu  ini, lantaran sangat berhubungan dengan akselerasi dan pengereman. Cerita pengereman ada hubungan juga dengan distribusi bobot.

 “Di trek ini persaingan tak hanya aterbuka antar tim pabrikan, tapi juga harus mewaspadai tim non pabrikan. Khususnya di Q2, rider satelit maupun Open Class bakal jadi rival tersendiri,” ujar DP yang sangat paham memaiankan motor di Valencia, buktinya dengan enam kemenangan di sana.

Ya, dia memang paling cemerlang di Valencia. Tapi, DP harus mengesampingkan stataistik itu karena sudah banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. “Yang sangat terasa buat saya adalah penambahan bobot motor yang dalam lima atau enam tahun terakhir bertambah 10 kg. Jika bisa dikurangi 2 kg saja tentu akan lebih bagus buat saya, terutama saat pengereman. Karena itu ban harus benar-benar tepat,” katanya yang mungkin bobot tersebut kurang pas dengan posturnya yang kecil.

Jadi, ban dan distribusi bobot yang lagi disetel Pedrosa agar keseimbangan membolak-balik motor dan melahap tikungan lebih jalan. Ia dan timnya harus setiap saat mencari celah untuk mengakali selisih bobot yang hanya 2 kg itu. Itu tadi,  DP sendiri terbilang terlalu mungil untuk ukuran seorang pembalap MotoGP. Demikian mungilnya itu badan sehingga kaki pun bermasalah saat turun dari RC213V. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 7 – 9 November 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Valencia: RC213V-RS Mulai Menggelinding, Aoyama Jadi Tester

MotoGP 2014 Valencia (Jelang FP3/Q2): Marquez Inginkan Perebutan Pole Yang Tegang

MotoGP 2014 Valencia (Jelang FP3/Q2): Puyeng Soal Ban, Rossi Rada Ketar-Ketir

BAGIKAN