nhk

MotoGP 2014 Valencia (Jelang FP3/Q2): Puyeng Soal Ban, Rossi Rada Ketar-Ketir

ManiakMotor – Melahap total 21 laps dengan kerja keras setiap FP dan telah dua FP dilewati, Valentino Rossi masih ketar-ketir. Mencoba jenis ban soft, medium, dan hard berikut kombinasinya di sirkuit Valencia, Spanyol pada Jumat 7 November, posisinya  belum meyakinkan.

Biasanya he Doctor tak begitu kecewa meski urutan 7 pada sesi latihan. Beda kali ini. Bukan hanya kecewa, tapi mulai sedikit waswas karena sama sekali belum menemukan set-up yang bikin mulus motornya berlari di 14 tikungan Valencia. Memang sih di situ ada 9 tikungan ke kiri lantaran sirkuitnya berlawanan arah jarum jam.

Rossi kudu finish di depan Jorge Lorenzo atau setidaknya tak kalah di atas 11 poin agar gelar runner-up 2014 tetap di tangan. “Punya masalah dengan ban. Ada tiga opsi di sini, termasuk ban depan asimetris. Di FP1 sih lumayan, tapi di sesi sore masalahnya makin beragam dan saya sama sekali tak nyaman denganM1,” kata Rossi yang di usianya 35 memang sangat perasa soal kondisi motor.

Ia juga merasa gundah karena biasanya M1 miliknya oke saat menggunakan ban keras. Tapi kini, roda motor sering bergeser dari racing line saat power ditambah. Katanya begitu juga dalam pengereman, motor agak jauh berhentinya alias out dari jalur yang dituju, makanya nggak bisa kencang. Ban tak bisa meneruskan tenaga sesuai kondisi dan situasi di sirkuit.

Roda depan  lebih enak dengan ban lembut, tapi tetap saja waktunya masih jauh dari tiga besar. “Begitu situasi pada latihan FP1 dan FP2. Coba dimaksimalkan di FP3 dan FP4,” ujar The Doctor usai FP2 dan tentunya berharap dapat solusi pada sesi FP3 dan 4 yang berlangsung Sabtu (8/11) ini agar bisa pede memasuki sesi kualifikasi. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 7 – 9 November 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

BAGIKAN