nhk

MotoGP 2014 Valencia (Jelang Race): M1 Rossi Diubah Sikit Di Q2, Hasilnya Besar, Ayo Sampai Lomba..!

ManiakMotor – M1 Valentino Rossi diubah sikit saat  penggunaan ban segar kedua di Q2 yang berlangsung Sabtu, 9 November 2014 di sirkuit Valencia. Hasil korek-korek sederhana itu, katanya, ya kata Rossi membawanya terbang di kualifikasi. Ia pun sebagai pole sitter. Ruarr biasa yaaa…

Kata Rossi lagi, utak-atik cepat dari para insiyur Movistar Yamaha membuat M1-nya tiba-tiba mudah dikontrol pada semua pojok Valencia. “Set-up motor memang meningkat di kualifikasi. Penggunaan ban pertama juga oke. Tapi lebih oke lagi pada ban kedua, ada sesutu yang kecil diubah saat ganti ban kedua itu, tapi bikin motor jadi sangat enak. Grip ban  tepat,” jelas Rossi tanpa sebut apa itu sesuatu yang kecil yang diubah sedikit.

Bicara waktu kepepet yang singkat saat Q2 berjalan dan bersamaan mengganti ban kedua, memang hanya barang kecil yang bisa diutak-atik. Tidak mungkin saat itu megganti rangka atau sokbreker, misalnya. Yang ada dengan ilmu kira-kira hanya tekanan ban yang bisa dimainkan dengan cepat dan sedikit. Juga kompresi terhadao suspensi atau mapping eletronik mesin yang termasuk cepat dan sikit boleh diubah. Tinggal pilih mana yang diubah mekaniknya di antara itu? Atau masih ada yang lain, misalnya doa, hehe.

Rossi mengakui di babak kedua Q2 sebenarnya ia melakukan kesalahan saat mengambil waktu usai keluar dari pit line. Ia keliru menempatkan motor di R2 dan membuatnya melambat. Tapi itu juga yang menghemat kompon ban belakangnya tidak banyak terdegradasi, sehingga sampai detik terakhir Q2 masih meyakinkan dikebut. “Saya sama sekali tidak berharap pole, karena Valencia sulit buat saya. Tapi ternyata catatan 1’30.8 adalah time yang tercepat,” pungkas Rossi dengan wajah berhasil. Maklum sepanjang sesi sebelumnya di Valecia posisinya tidak meyakinkan.

Bisa jadi, perubahan sedikit dan kecil disebut Rossi hanya salah satu mendorongnya jadi kilat di sesi kilat-kilatan mencari grid start. Bila diamati jalannya Q2, satu lap sebelum Rossi tercepat, ia menguntit habis Jorge Lorenzo yang konsisten di papan atas sepanjang sesi di Valencia.  Mungkin – ini hanya mungkin – ada jalur (racing line) yang dikombinasikan Rossi dengan jalurnya sendiri dan milik Lorenzo. Ya namanya juga The Doctor, ahli menggabungkan semua jurus balap.

Bisakah Rossi membawa sesuatu itu sampai ke lomba untuk memastikan doi tahun ini, hanya kalah dari Marc Marquez diperebutan juara dunia. Maksudnya jadi runner-up di klasemen, sekaligus pembalap MotoGP Yamaha terbaik 2014. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 7 – 9 November 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Valencia (Q2): Rossi Tercepat Kualifikasi Disusul Iannone

MotoGP 2014 Valencia (FP4): Masih Tetap Marquez Yang Tercepat

BAGIKAN