nhk

MotoGP 2014 Valencia (Jelang Race): Rossi Target Podium Ganjal Lorenzo, Juaranya Pembuktian M1

 

ManiakMotor – Pole position yang tak terduga membuat Valentino Rossi mau tak mau harus membidik gelar juara di Valencia. Itu pun sekaligus pembuktian M1 sesuai cuap-cuap petinggi Movistar Yamaha dan Rossi sendiri, bahwa M1 saat ini mumpuni disemua lekuk sirkuit termasuk i trek anti-clockwise. Baru lalu Rossi mencanangkan juara dunia 2015 dengan modal M1-nya yang sanggup.

Berharap kabur sendirian saat race akan sulit buat Rossi. Ya kalau ada kesempatan strategi itu akan dipakai. Soalnya di sesi-sesi sebelumnya, konsistensinya M1-nya kurang dibanding milik Jorge Lorenzo atau RC213V  Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Rossi pasti akan ikut irama adik-adiknya itu bila buntutnya langsung terpegang beberapa lap usai start.

Bila perlawanan terlalu berat secara rata-rata, Rossi pasti tidak akan memaksa, saat itu pula ia mengubah target dan ganti strategi. Yang dipentingkan dalam kondisi demikian bukan lagi kemenangan, tapi sekadar podium untuk amankan gelar runner-up 2014. Itu pun akan sangat bergantung bagaimana posisi Lorenzo. Jika Lorenzo pun tak punya kans besar jadi pemenang, berarti beban Rossi semakin ringan untuk mengunci gelar runner-up.

Gamblang mencermati jalannya lomba lewat tipi masing-masing nanti, berikut kondisi yang harus dihindari Rossi biar dirinya dinobatkan sebagai joki The Best Yamaha musim ini.

       Jika JL juara (poin jadi 288), setidaknya Rossi harus finish kedua atau ketiga. Jika finish ke-4 macam musim lalu, poin keduanya sama 288 tapi JL yang berhak runner-up karena punya jumlah kemenangan lebih banyak musim ini.

       Jika JL finish kedua (poin 283), Rossi aman jika finish urutan ke-8. Dengan tambahan poin 8, total poin keduanya pun sama. Tapi, Rossi yang runner-up dunia karena sama-sama menang dua kali musim ini, tapi Rossi lebih sering finish kedua dibandingkan JL.

       Jika JL podium ke-3 (poin 279), Rossi hanya cukup finish ke-12.

Begitu skenario realistis karena JL sangat kuat dan diprediksi naik podium di Valencia. Buat Rossi memang cara terbaik adalah finish di depan JL. Kalau tak mampu ya, tinggal lihat komposisi seperti di atas. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 7 – 9 November 2014

MotoGP 2014 Valencia (Jelang Race): Marquez Bersaudara, Hari Ini Bidik 2 Rekor Dunia

MotoGP 2014 Valencia (Jelang Race): Target Lorenzo Tak Berubah, Selebihnya Pasrah

MotoGP 2014 Valencia (Jelang Race): Penantian Pole Valentino Rossi Dari 2010, Ia Lahir Kembali

BAGIKAN