nhk

MotoGP 2014 Valencia (Pasca Race): Lorenzo dan Pedrosa, Belajar Lagi Dari Rossi Dan Marquez

 

 

ManiakMotor – Belum bangkotan macam Valentino Rossi, tetap Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa pembalap top MotoGP dalam beberapa tahun sebelumnya. Kini keduanya sadar harus belajar lagi. Seperti kata Sete Gibernau mantan musuh Rossi era 200-an awal, bahwa Pedrosa dan Lorenzo tahun bermain tidak seperti penampilan asli keduanya. Keduanya tertekan oleh semangat Rossi dan agresifnya Marquez.  

Tak harus malu jika pelajaran itu dipetik dari seorang Marquez, bocah ingusan yang menjelma jadi raja baru MotoGP dalam dua musim berturut. Lorenzo, misalnya, musim buruknya pada 2014 ini salah satunya akibat capek duluan melihat penampilan energiknya Marquez. Sehingga dia pun melupakan  persiapan fisiknya sendiri.

Tambah parah karena strateginya dalam balapan acap tak berbuah manis. Terakhir di Valencia kala memutuskan lebih awal ganti motor dengan ban basah, malah jadi bumerang. Soalnya kagak hujan juga coy, gerimis doing lalu hilang! “Banyak kesalahan musim ini. Saya harus belajar dari semua kesalahan itu dan tampil lebih cerdik musim depan,” ujar JL yang juga canangkan target jurdun musim 2015.

Hal serupa diapungkan Pedrosa. Ia pun merasa banyak hal yang harus jadi pelajaran. “Tentu saja saya tak puas dengan hasil tahun ini, tapi harus ambil hikmahnya dengan mempelajari semua kelemahan. Dalam beberapa hari ini kami lakukan tes penting untuk 2015, saya harus berupaya lebih keras lagi untuk bikin motor mumpuni tahun depan,” ujar DP yang belum juga rasakan jurdun MotoGP sejak gabung Repsol Honda pada 2006, dan tetap juga gak berani mematok target jurdun tahun depan.

Mencermati kompetisi 2014 secara keseluruhan, ‘buku’ yang harus dipelajari DP dan JL sepertinya ada dua. Satu buku perjalanan Marquez, satunya lagi buku come back-nya Rossi ke Yamaha pada 2013 dan sudah nanjak pada 2014. Rossi sudah beri bukti, senioritasnya tak akan berdampak apa-apa jika tak dibarengi proses belajar.

Rossi belajar ‘menikmati’ kekalahan dari pembalap muda, ambil pelajaran dari sana, dan kemudian mengubah diri sendiri. Contohnya, karakternya membawa M1 yang tahun ini sudah mulai banyak bergeser. Ia tak lagi nuntut Yamaha bikin motor sesuai maunya, tapi ia mulai cermati dan turuti apa sih maunya M1. Hasilnya ya sampeyan tahu sendirilah sepanjang 2014 ini!

Buat DP dan JL, ayo belajar lagi dek, belum terlambat! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Valencia (Pasca Race): Gaspol 2015, Nasib Buruk Rossi Tetaplah Nama Marquez

MotoGP 2014 Valencia (Race): Marquez Juara 13 Kali Seri, Rossi Runner Up 2014

MotoGP 2014 Valencia: Warm Up Milik Marquez, Rossi Ke-5

MotoGP 2014 Valencia (Jelang Race): Rossi Target Podium Ganjal Lorenzo, Juaranya Pembuktian M1

MotoGP 2014 Valencia (Jelang Race): Marquez Bersaudara, Hari Ini Bidik 2 Rekor Dunia

BAGIKAN