nhk

MotoGP 2014 Valencia (Tes): Menurut Rossi, M1-nya Semua Oke, Kecuali Belakang

 

ManiakMotor – Hanya dua jam Valentino Rossi ikuti tes hari pertama di Valencia. Hanya butuh lima laps bawa M1 spek 2015 masuk 5 besar dan selanjutnya pertajam waktu ke-4 besar. Tapi, dengan catatan khsus masbro, itu M1 di set-up dengan data balapan GP Valencia sebelumnya dengan spesifikasi 2014.

Hari kedua tes pada Selasa (11/11) ini barulah M1 2015 dicoba. Tentu saja siapa pun belum tahu hasilnya nanti. Apalagi saat berita ini diketik dan tersisa waktu 2 jam latihan, hujan deras di Valencia. Yang tercepat catatannya 1 menit 42 detik sekian-sekian alias lebih lambat 11 detik dari kondisi biasa.

M1 vs RC213V akan lebih asyik karena hari ini Marc Marquez dijadwalkan ikut testing serius. Kemarin hanya ada Dani Pedrosa. Sayang, ya hujan itu. The Doctor sendiri sudah bilang oke sembari angkat jempolnya pada M1-nya. Terutama rasa sasis baru yang lebih nurut dilipat-lipat dan ditekuk-tekuk. Bahkan padu dengan elektronik terbarunya.

M1 Rossi juga menggunakan pipa pelepas gas buang alias knalpot yang desainnya gress. Tidak dijelaskan menambah berapa dk turbulensi gas pada knalpot, hehe. Kan rata-rata penjual knalpot di Indonesia, harus mencatumkan kenaikan dk dari knalpot buatannya. 

Cukup banyak perubahan pada  M1-nya tapi tidak radikal menambal sektor lemah sepanjang musim 2014. Macam sasis adalah paket kesatuan dengan roda yang sulit late braking. “Dari semua perubahan tu yang terpenting sasis. Saya coba sasis baru yang sebenarnya tak terllu banyak berubah bentuk. Tapi, hasilnya melebihi harapan. Nnyaman membantu pengereman dan momen masuk tikungan. Lebih kencang dari sasis 2014, itu berarti pertanda bagus,” ujar Rossi.

Beres di depan dan tengah, kini Rossi fokus belakang. Sebut belakang di sana ada lengan ayun yang kombinasinya dengan suspensi  termasuk rangka tadi. Ia berpendapat,  sektor itu harus dicermati secara khusus agar grip ban pas untuk semua manuver pada 2015. Diusahakan roda belakang akan mau diberi semua tingkatan  power pada variasi sudut kemiringan grip ban.  “Untuk itu harus kerja keras dan cari akal, terutama setelah melahap banyak laps,” harap Rossi.

Sayang ya hujan. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Pramusim MotoGP 2015 Valencia, Spanyol 10 – 12 November 2014

MotoGP 2014 Test Valencia (Pramusim 2015): Hati-Hati… Suzuki Di Tangan Aleix Espargaro, Bisa Ganas

MotoGP 2014 Test Pramusim 2015 Valencia: M1 Merajai Test Hari Pertama, Lorenzo Memimpin

MotoGP 2014 Test Valencia (Pramusim 2015): Marc Diistirahatkan, Alex Geber RC213V

BAGIKAN