nhk

MotoGP 2014: Yamaha Sewakan M1 Plus Swingarm dan Sasis

ManiakMotor – Pada artikel terdahulu disebut NGM Forward Racing akan meluncur dengan M1 sewaan musim depan. Apa saja kewajiban penyewa?

Sesuai regulasi 2014, Yamaha Factory Racing akan menyewakan beberapa mesin M1 kepada tim independen. Tentunya dengan spesifikasi beda dengan tim pabrikan dan satelit. Soal ECU, misalnya, tim penyewa ini harus pakai standar Magneti Mareli yang ditetapkan promotor Dorna. Kapasitas bahan bakar pun beda dan sudah beberapa kali disinggung portal ini, itu kalau sampeyan ndak kelupaan ngekliknya.

Direktur Pelaksana YFR Lin Jarvis menjelaskan, yang disewakan ternyata bukan hanya mesin M1 seperti dugaan selama ini, tapi sekaligus dengan sasis dan swingarm-nya. Komponen lain macam airbox, knalpot, rem, velg dan sebagainya jad tanggung jawab tim. Termasuk pilihan pembalap.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Musim ini NGM pakai mesin Kawasaki dengan sasis FTR. Jokinya adalah Colin Edwards, eks rider Yamaha. “Kalau Yamaha tentu inginnya pembalap muda untuk aset masa depan.  Untuk hal ini sepenuhnya hak tim karena manajemen, operasional, dan sponsor sepenuhnya mereka pegang. Kami hanya berikan bantuan teknis di lapangan,” kata Jarvis.

Jarvis bilang pihaknya hanya memasok sasis pada tahun pertama saja, seterusnya NGM bisa saja bareng FTR lagi dan tentunya dengan berkolaborasi dengan tim teknis Yamaha. “Dengan tambahan tipe pacuan sekarang ini, kompetisi musim depan bakal lebih semarak. Soal teknologi dan power motor memang tim pabrikan lebih baik. Tapi, di beberapa jenis sirkuit dan lintasannya, kontrol justru lebih penting daripada power,” lanjut Jarvis.

Oooo, makanya  Dorna bikin aturan baru ini. Benar tidaknya, siapa yang sekarang bisa jawab? Emang bisa tanya  pada rumput yang bergoyang? Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Espargaro, Kakaknya Seharusnya Pengganti Rossi Kemudian

MotoGP 2013: Wildcard Buat Stoner, Masih Dibantah Honda

MotoGP 2013 Jelang Silverstone Inggris; Menakar Skill Marquez Dan Lorenzo, Petarung Vs Petarung

MotoGP 2013: Bautista Nikmati Duel Dengan Rossi

 

BAGIKAN