nhk

MotoGP 2015: 6 Ducati di Garis Start, Begini Beda Spesifikasinya

 

 

ManiakMotor – Pabrikan Italia Ducati pol-polan ingin kejar buatan Jepang Honda dan Yamaha. Tahun depan diterjunkan 6 unit Desmosedici sekaligus. Apa dan siapa saja tuh? Yang jelas ada GP15 yang katanya berdimensi lebih ramping dari bodi, sasis dan pasti diawali dari mesin. Efesien gitu loh.

Tokoh pembaharu Ducati, Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna, menerangkan hanya tim utama pakai  Desmosedici GP15. Itu motor desain pertamanya di Ducati setelah dicaplok dari Aprilia tahun lalu. Desmo satu ini radikal dibandingkan versi GP14. Tak lagi bongsor seperti sebelumnya yang malas belok. GP15 diyakini bakal  ampuh melawan RC213V maupun M1.

GP15 dengan paket lengkap belum pernah dicoba di lintasan. Produk kebanggaan Dall’Igna itu baru akan kelihatan di tes pramusim Sepang, 4 Februari 2015. Joki utama Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Tim satelit Pramac akan dapat jatah GP14,2 yang sejak paruh musim 2014 digeber Dovizioso dan Iannone.

Belum terurai detil perbedaan speknya pada  versi GP15. Karena yang baru itu memang masih penuh rahasia brosist, kecuali soal ECU yang memakai program sendiri. “GP14,2 lahir bukan untuk membenahi mesin Ducati. Tapi, hanya untuk mereduksi dimensi mesin agar bisa mendesain ulang sasis dan sejumlah komponennya. Dengan begitu kami bisa memproduksi motor yang lebih mungil dari GP14 maupun GP14,1. Kepala silinder dan seluruh seluruh perangkatnya telah dicetak ulang,” terang Dall’Igna.

Artinya konsep dasar mesin masih menggunakan kontruksi ‘L’ yang jadi ciri Ducati, mungkin dilarang diganti benar-benar V. Soalnya dari analisa para ahli soal distribusi bobot, mesin ‘L’ yang salah satunya tiduran seperti mesin bebek itu, sangat mengganggu balans Ducati. Tapi dari pernyataan Gigi hanya mencetak ulang kepala silinder, entalah masalah itu bisa diatasi? Ya tunggu jawabannya di Sepang nanti. 

Duet pembalap tim Pramac akan menggeber dua versi berbeda. Yonny Hernandez membesut GP14,2 yang mulai digeber Dovizioso dan Iannone sejak seri GP Aragon 2014. Sedangkan rider baru Danilo Petrucci akan menunggang versi GP14,1.  Dua unit Desmo lainnya akan dipakai tim Avintia di Open Class dengan joki Hector Barbera dan Mike de Meglio. Mereka mengusung Desmosedici GP14,1 namun disesuaikan dengan regulasi Open Class. Perbedaan pentingnya adalah perangkat ECU yang di grup ini menggunakan perangkat resmi buatan Magneti Marelli sebagaimana ketentuan Dorna.

Penyebaran kekuatan seperti itu jelas sekali menjadi strategi Dall’Igna untuk menyongsong musim 2016 dengan regulasi baru. Regulasi yang dalam teorinya bakal membuat kekutan tim pabrikan bisa merata. Begitu kira-kiranya, merata.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Rossi Pasang Target Jurdun, Marquez Terpancing

MotoGP 2014: Untuk Raja Spanyol, Marquez Sumbang Helm Khusus

MotoGP Test Pramusim 2015: Khusus Suzuki vs Ducati/Aprilia 25 – 26 November 2014 Di Jerez

MotoGP: Dovi Habiskan 12 Mesin Ducati Musim 2014, M1 Masih Ada Sisa

BAGIKAN