nhk

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Pakai Setingan 2014, Marquez Takutkan Rossi Soal Manajeman Ban

ManiakMotor – Tujuh belas tikungan Aragon dengan pengereman tajam di beberapa sector. Pengereman itu memakan ban depan. Habis tikungan itu, saat keluar butuh akselerasi kuat. Maka  manajemen ban jadi kunci keberhasilan mencapai podium. Begitulah prediksi Marc Marquez menyongsong 23 lap race GP Aragon pada Minggu (27/9) ini.

Dan, siapa pun tahu kalau Valentino Rossi adalah jagonya soal menjaga performa ban saat balapan. Karenaitu posisi start Rossi ke-6 tetap  diwaspadai terlebih jika para petarung ini menggunakan konfigurasi kompon yang sama di depan dan belakang.

“Sepertinya mayoritas pembalap akan pakai ban medium di depan dan ban yang lebih lembut di belakang. Ini akan jadi tantangan tersendiri sepanjang balapan,” kata MM yang klontang di sesi Q2 tapi tetap tak punya rasa takut untuk terus pol-polan. “Saya sudah tegaskan selalu siap ambil risiko untuk meraih kemenangan. Begitu banyak fans di sini dan saya ingin jadikan Minggu ini jadi hari kemenangan buat fans Spanyol!”

MM yakin lawan pertama yang harus diwaspadainya adalah Jorge Lorenzo di garis start. Seperti biasa, JL selalu push ke posisi terdepan selepas start dan berusaha secepatnya buka gap. Kabur. “Jika kejadiannya seperti itu maka tak ada cara lain untuk terus menempel dan tunggu kesempatan menyalip. Harus fokus memperlakukan motor karena sangat berisiko untuk daya tahan ban. Setelah itu lihat bagaimana situasi, terlebih posisi Dani (Pedrosa) dan Valentino.”

Selain Lorenzo selaku musuh utama, Marquez akui juga khawatirkan kehadiran DP dan VR. DP punya tardisi bagus di Aragon dan pace-nya kali ini pun menjanjikan, sementara Rossi yang start ke-6 diyakininya akan tiba di rombongan depan secepatnya.“Bisa jadi situasinya bakal tricky saat balapan. Pada saat macam itu kecerdikan Valentino sama sekali tak bisa disepelekan,” tandasnya.

Terpuruk di sesi FP1 dan 2, performa RC213V milik MM mendadak jadi sangar di FP3 dan makin kejam di sesi kualifikasi. Selidik punya selidik, motor yang sejak beberapa seri lalu pakai sasis 2014 ternyata kini diseting dengan varian set up 2014. MM akui hal itu karena timnya kesulitan menemukan set up ideal di dua FP awal. “Ternyata bekerja sesuai harapan,” kata Marquez yang tercepat di sesi warm up. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Aragon, Moto2, Moto3, Spanyol, 25 – 27 September 2015

MotoGP 2015 Aragon (Warm Up): Marquez Melaju, Rossi Masih Ke-4, Lorenzo 2

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Rossi Belum Tetaplan Strategi

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Catatan Marquez Kebetulan Atau Tidak?

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Lorenzo Tak Sebut-Sebut Rossi Lagi, Sudah Sangat Kencang

BAGIKAN