nhk

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Rossi Akan Perbaiki Gejala Sliding Di Warm Up

 

ManiakMotor – M1 Valentino Rossi diakui terlalu banyak sliding atau geol-geol di area pengereman. Tentu itu bukan sekadar as roda yang aus, ah becanda. Itu isu  sejak awal sesi yang dikeluhkan The Doctor di sirkuit Aragon, Spanyol dalam rangka ronde 14 MotoGP 2015. Akibatnya terbawa sampai Q2 yang membuatnya hanya ke-6 dan start dari barisan kedua. Agak menjauh dari lawannya di klasemen, Jorge Lorenzo yang kedua dan start dari front row.

Di Q2  yang berlangsung Sabtu  pada 26 September 2015, Rossi kesulitan mendiamkan motornya saat ancang-ancang masuk tikungan. Tentu pada tikungan dari kecepatan tinggi yang banyak terhampar di Aragon. M1-nya kebanyakan luncurannya alias sulit dihentikan dengan tenang. “Dengan kodisi seperti itu sulit menemukan ritme yang tepat. Sore saat Q2 sedikit lebih sulit, suhu lintasan meningkat dan menganggu kinerja ban. Jadi motor seperti meluncur deras yang tak terkendali,” jelas Rossi yang bilang di sesi pagi lebih bersahabat dengan motornya.

Kalau dilihat dicatatan waktu untuk Q2 memang agak jauh dari Marc Marquez yang tercepat, termasuk dengan Lorenzo yang kedua. Marquez mencetak 1’46.635 atau selisih dengan Rossi 0.857 detik. Sedang Lorenzo walau kedua juga masih mencetak 1’46.743 atau hanya selisih 0.108 detik dengan Marquez. Hanya mereka berdua yang mencetak di bawah 1’47. Rossi sendiri  membuat 1’47.492.

Waduh itu sama dengan koar-koar Lorenzo bahwa teman setimnya di Movistar Yamaha itu memang lebih lambat antara 0,3 sampai 0,6 detik. “Lawan sangat kuat di Aragon. Tapi saya masih punya kesempatan menyetel motor di sesi warm-up. Akan dilacak terutama keseimbangan saat pengereman. Kami akan kerja keras,” yakin Rossi yang masih tetap semangat tempur ala Vale.

Sekelas Rossi tentu ada opsi-opsi set-up yang enak buat dirinya yang dicoba-coba sepanjang sesi latihan, sekalian  opsi saat testing pribadi di tempat sama beberapa waktu lalu. Opsi setingan untuk Q2 tentu akan ia lupakan karena gagal menyaingi para musuhnya. Tentu juga bukan opsi setelan di FP4 yang sudah kira-kira dibawa ke lomba, di FP4 hanya membuat Rossi ke-6.

Fokus tetap yang dikeluhkan Rossi soal M1-nya kelabakan masuk di tempat pengereman. Kalau sudah ngaco di depan tikungan, akan ngaruh pada tikuangan-tikungan selanjutnya. Hasilanya menganggu waktu rata-rata. Itu yang akan dilacak Rossi pada pagi pemanasan di Aragon. Lalu, semuanya ditentukan saat lomba yang biasanya pace The Doctor berubah galak dengan lap per lap yang konstan. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Aragon, Moto2, Moto3, Spanyol, 25 – 27 September 2015

MotoGP 2015 Aragon Q2: Walau Jatuh Marquez Meraih Pole, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke-6

MotoGP 2015 Aragon FP4: Pedrosa Tercepat, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke-6

MotoGP 2015 Aragon FP3: Pedrosa Geser Rossi, Marquez Tercepat

MotoGP 2015: Yamaha Bikin Tim Superbike 2016, YZF-R1 Disiapkan Buat Rossi

BAGIKAN