nhk

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Rossi Belum Tetaplan Strategi

ManiakMotor – Kalau pesaing macam Jorge Lorenzo dan Marc Marquez sudah susun rancangan strategi raceday Minggu (27/9) ini, tak demikian halnya dengan Valentino’The Doctor’ Rossi.

“Sangat sulit bicara strategi saat ini. P6 tak membuat saya khawatir, yang lebih mengkhawatrikan adalah speed yang tertinggal setengah detik dari lawan. Ini juga menyangkut riding style dan distribusi bobot yang harus disesuikan lagi,” kata Rossi yang disebut riding style adalah sirkuit Aragon yang berlawanan arah jarum jam.

Pada artikel terdahulu The Doctor sudah bicara soal upaya yang akan dilakukan di sesi warm up, yakni melacak setingan baru agar roda depannya tak banyak sliding alias geol-geol memasuki tikungan khususnya saat pengereman tajam.

Rossi dengan jujur bilang belum bisa tentukan komposisi ban yang akan dipakai balap. Soal ban itu sangat krusial menempuh 23 lap di Aragon. Mungkin sudah ditentukan di FP4 sebagai patokan, nyatanya juga masih jauh dari lawan. “Dalam suhu yang lebih teduh, saya cocok dengan ban berkompon medium. Tapi, di sesi siang sampai sore, ban itu terlampau lembut sementara hard tire terlampau keras,” urainya.

Atas dasar itu The Doctor belum bisa tetapkan akan mainkan startegi macam apa. Semuanya tergantung perkembangan terakhir usai warm up dan tentunya juga prakiraan suhu udara dan lintasan saat balapan. “Jika temperaturnya lebih rendah, saya yakin bisa fight dan kompetitif,” katanya.

Jika tidak, maka tunggu saja apa yang bisa dilakukan. Rossi janji akan tetap berikan perlawanan maksimum dan berjuang dapatkan posisi finish sedepan mungkin. Tak mudah, khususnya melawan Jorge yang punya pace terbaik saat ini. “Ada waktu 20 menit di sesi warm up untuk  mencermati semuanya. Kami akan bekerja maksimal menggunakan waktu yang ada, setelah itu barulah bisa kita lihat kira-kira apa yang akan terjadi,” tutur Rossi yang tetap pancang target podium, syukur bila bisa didepan Lorenzo. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Aragon, Moto2, Moto3, Spanyol, 25 – 27 September 2015

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Catatan Marquez Kebetulan Atau Tidak?

MotoGP 2015 Aragon (Jelang Race): Rossi Akan Perbaiki Gejala Sliding Di Warm Up

MotoGP 2015 Aragon Q2: Walau Jatuh Marquez Meraih Pole, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke-6

MotoGP 2015 Aragon FP4: Pedrosa Tercepat, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke-6

BAGIKAN