nhk

MotoGP 2015 Aragon (JelangFP3/Q2): Rossi Mulai Nyaman, Tinggal Atur Pengereman Tajam

 

ManiakMotor – Secara urutan Valentino Rossi memang kedua di bawah Jorge Lorenzo. Maka, secara waktu, The Doctor jelas belum puas karena tertinggal 0,683 detik. Itu sesuai koar-koar Lorenzo, bahwa Rossi memang selalu ketinggalan segitu. Tapi kan ini masih sesi latihan bro.

Sama saja  speed M1 Rossi belum ada peningkatan dibandingkan M1-nya Lorenzo. “Sebagai langkah awal sudah cukup bagus mengingat selama ini kami selalu kesulitan di Aragon. Hasil tes sebelumnya di trek ini membawa keuntungan sendiri, karena sudah punya basis set up yang bisa diandalkan,” kata The Doctor soal sesi awalnya.

Tiga Yamaha di 3 Besar sementara, menurutnya pertanda positif bahwa karakter M1 saat ini sudah lebih pas dengan tipikal Aragon. M1 dalam kondisi  lintasan 17 tikungan kombinasi cepat dan lambat belum ideal buat ban, sudah bisa melaju di antara peserta yang merasakan hal sama. Yang digarisbawahi Rossi saat ini adalah kemampuannya mengatasi duet Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Itu membuatnya lebih optimis ke podium dalam raceday nanti. Pasalnya, selama ini Aragon lebih terkesan sebagai daerah kekuasaan Honda. “Khusus melawan Jorge, saya harus kembangkan speed sedikit lagi. Harus tingkatkan setingan di area pengereman. Agar bisa sedikit lagi ngerem lebih dalam,” paparnya.

Setingan yang dicari di area pengereman, walau motor dipelankan dari kencang, namun tetap terkontrol lajunya sampai di dalam tikungan. Pastilah yang disetel-setel soal suspensi, rangka yang dikombinasikan dengan ban dan elektronik traksinya. Yang bisa mengolah itu adalah data telemetri yang memantau  semua komponen bergerak di M1.  Ilmu kira-kiranya begitu.

Dua FP pada Sabtu (26/9) akan digunakan Rossi untukngetes formula baru dalam set up M1. Fokusnya pada pengereman itu tadi. “Setelah itu baru menetapkan konfigurasi ban untuk balapan. Saya kira pilihan ban akan jadi faktor sangat vital di balapan,” tambah Rossi yang sudah coba kombinasi ban depan berkompon lembut dengan belakang medium, maupun medium dan ban keras.

Ia juga sudah pancang target di Q2, yakni mendapatkan posisi  start di baris depan. Tak boleh jauh dari posisi Lorenzo agar bisa fight sedari awal. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Aragon, Moto2, Moto3, Spanyol, 25 – 27 September 2015

MotoGP 2015 Aragon FP2: Lorenzo Tercepat, Ditempel Ketat Oleh Rossi

MotoGP 2015 Aragon FP1: Lorenzo Tercepat Sesuai Sesumbarnya, Rossi Ke-3, Marc 2

MotoGP 2015 Aragon (Jelang FP1/FP2): Duel Rossi – Lorenzo, Ini Daya Tariknya Menurut Marquez

MotoGP 2015 Aragon; Sirkuit Buatan Tilke Ini, Adil Untuk M1 Rossi, Lorenzo Dan RC213V

BAGIKAN