nhk

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Dovizioso Kalahkan Lorenzo, Temani Rossi Bikin Rekor

ManiakMotor – Jorge Lorenzo sudah dua kali jurdun MotoGP dan Andrea Dovizioso sekalipun belum. Tapi, usai raceday GP Argentina pada 19 April nanti kemungkinan besar Dovi akan lampaui JL dalam rekor tersendiri.

Dovi salah satu rider yang berpengalaman panjang. Ia sudah main di GP 125 cc sejak musim 2001 dan juara dunia di kelas nyamuk itu pada tahun 2004. Di kelas 250cc, ia rnner-up musim 2006 dan 2007. Naik ke MotoGP sejak 2008, pretasi tertingginya adalah peringkat 3 (musim 2011) kala jadi anak pabrikan Honda dengan tunggangan RC212V.

GP Argentina ini adalah penampilan kali ke-200 Dovi di ajang Grand Prix, itu yang tercatat dapat poin. Jika dihitung total maka penampilan keseluruhannya di semua kelas  adalah 224 kali.  Jadi, selama ini hanya 25 kali ia balapan tanpa poin. Hebat juga kan!?

Nah, jika Dovi finish k-15 sja di Argentina yang artinya dapat poin, mak itu adalah perolehan poin ke-200-nya di kancah balap motor dunia. Itu membuatnya masuk rekor tersendiri sepanjang 70 tahun sejarah Grand prix motor. Selama ini hanya ada 4 pmbalap yang mampu meraih poin sampai 200 kali, yakni Valenino Rossi, Loris Capirossi, Alex Barros, dan Dani Pedrosa. Nggak ada nama JL tuh! So pasti Dovi akan jadi pembalap kelima, gabung bersama Rossi cs.

Potensi Dovi dengan GP15 saat ini jelas bukan 15 Besar. Levelnya sekarang finish podium, macam GP Qatar dan Austin. “Di Argentina pun target podium. Motor lagi kencang dan enak dibawanya,” tegas Dovi, yang nggak sebut-sebut JL sebagai saingan ke podium, tapi Marquez dan Rossi. Andro

BAGIKAN