nhk

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Honda dan Yamaha Dapat Jatah Ban Ekstra Keras Belakang

ManiakMotor – Semoga saja anak-anak Yamaha macam Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tak lagi mengeluh soal ban macam di Austin. Pasalnya, khusus di Argentina, Bridgestone memasok kompon baru untuk ban belakang mereka.

Kini ada tiga pilihan, yakni medium, hard (asimetris), dan yang baru ini extra hard tyre yang dibikin asimetris. Ban baru ini dirasa perlu untuk mengarungi trek sepanjang 4.906 meter itu karena tipikalnya tikungan cepat. Belum lagi berbagai macam chamber yang melengkapi 14 tikungan. Ban keras simetris diperlukan karena perbandingan jumlah tikungan yang nggak balans. Belok kanannya ada 9 dan 5 ke kiri, karena itu bagian kanan ban harus lebih tahan lama.

Ditandai dengan garis kuning, extra hard tyre itu hanya diperuntukkan buat rider Repsol Honda dan Yamaha yang jadi pabrikan murni. Ducati, Suzuki, dan Aprilia selaku kontestan Factory2 harus menggunakan ban belakang medium dan hard sebagaimana juga dilakoni tim Open Class. Bedanya lagi, Ducati cs punya ban khusus extra soft yang tak dimiliki Honda dan Yamaha, dan itu sangat bermanfaat di sesi single lap.

Bridgestone bikin ban terserbut sesuai pengalaman tahun lalu GP Argentina tercatat sebagai salah satu trek yang menyiksa ban. Bukan saja karena lay out tikungan-tikungannya, tapi juga karena kualitas aspal yang berbeda dengan trek Eropa.  “Semoga dengan ban baru ini, kita bisa saksikan tontonan yang lebih seru di Termas de Rio Hondo. Duel sengit antar pembalap bisa terulang dan lebih ketat,” sebut Hiroshi Yamada, Manajer Motorsport Bridgestone.

Tapi, apakah Marc Marquez, Rossi, dan Lorenzo akan pakai ban itu atau tidak, tentu sangat bergantung pada banyak hal. Terutama pada cuaca dan suhu lintasan, dan tentunya juga pada kemampuan seting para mekanik masing-masing. Nah ini baru disesuaikan ntar malam di sini sejak sesi FP1. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Dovizioso Kalahkan Lorenzo, Temani Rossi Bikin Rekor

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): GP15 Ovizioso Tahun Ini Lebih Mudah DI Termas

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Rossi Tokcer, Galbusera Nggak Sesumbar

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Kata Rossi Di Atas Kertas M1 Oke, Energi GP15, Marquez Tunggu Lawan   

BAGIKAN