nhk

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Suzuki Tertahan Oleh Rintangan Yang Sama

 

ManiakMotor – Di awal musim Ducati dan Suzuki sempat bikin gebrakan bersama. Bedanya, gebrakan Ducati berlanjut, sementara Suzuki seperti tertahan. Aya naon Kang? Ditanya ada apa, Aleix Espargaro yang langsung nyambar jawaban. “Sedrhana saja, motor kami terlampau pelan. Itu saja,” katanya.

Ya, Suzuki GSX-RR memang sangat terlihat kalah power dibandingkan musuh-musuhnya dari Honda, Yamaha, dan Vespa…eh salah Bro, maksudnya Ducati.  Di trek lurus Austin sepanjang 1,2 km itu, misalnya, speed GSX-RR rata-rata kemakan lawan sekitar 0,4 detik pada lintasan itu saja. Kalikan dengan 20 lap, ya wajarlah kalau sangat tertinggal di garis finish.

Ironisnya tantangan atau rintangan sama menunggu di GP Argentina. Tikungan cepat dan khususnya trek lurus di Termas de Rio Hondo yang hampir 1 km juga membutuhkan power yang hebat. Tahun lalu EC213V bikin top speed 327,3 km/jam, sementara Ducati dan Yamaha bikin 325,0 dan 321,7 km/jam. Itulah PR yang kini harus dikejar GSX-RR.

“Motor sangat butuh tambahan tenaga,” ucap Aleix, namun saat bersamaan juga memaklumi kondisi timnya. Sementara ini tim maih fokus pada kinerja motor melibas tikungan dan menjaga daya tahan mesin agar kuat dalam jumlah laps yang banyak.

Memang sayang, skill dan nyali besar Aleix belum ditunjang performa motor yang mumpuni. Suzuki sendiri pasti sadarlah soal power yang dibilang Aleix. Tapi, program untuk mengembangkan area itu bukan hal mudah dan cukup waktu sebentar. Pabrikan anyar itu baru berencana membenahi power pada sekitar Juni mendatang, usai GP Catalunya. Mau bagaimana lagi, karena memang sudah begitu jadwalnya.

Aleix sendiri merasa bangga dngan perkembangan teknis GSX-RR sejauh ini meskipun belum sepenuhnya seperti ia inginkan. “Belum mungkin tarung di kelompok atas. Yang terbaik saat ini adalah memetik poin setiap balapan,” katanya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Honda dan Yamaha Dapat Jatah Ban Ekstra Keras Belakang

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Dovizioso Kalahkan Lorenzo, Temani Rossi Bikin Rekor

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): GP15 Ovizioso Tahun Ini Lebih Mudah DI Termas

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Rossi Tokcer, Galbusera Nggak Sesumbar

 

 

 

BAGIKAN