nhk

MotoGP 2015 Argentina Jelang FP3/Q2: Kata Aleix Lay-Out Sirkuit, Cocok Dengan Suzuki

ManiakMotor –  Bukan kebetulan Suzuki GSX-RR Aleix Espargaro melejit di FP1 pada Jumat 17 April di sirkuit Termas de Hondo, Argentina. Kalau kebetulan nggak mungkin lagi kebetulan di FP2 dia kembali ‘terbang’. Bahkan catatannya melampui lap record Dani Pedrosa pakai RC213V. Aleix mencetak 1’38.776 dan Pedrosa 1’39.233. Memang belum melampui best lap Marc Marquez yang  1’37.683.

Toh Aleix punya kesempatan karena tingkat senyawa ban akan membaik pada hari kedua sesi latihan yang dilanjutkan kualifikasi. Itu kalau progressnya terus meningkat. Aleix ditenggarai diuntungkan ban ekstra lembut di belakang di balap sendiri-sendiri. Padahal, soal ban pula yang jadi krusial di Termas.

Maksudanya, degradasi ban sangat cepat terjadi pada pori-pori aspal Termas yang rada kasar. Ah macam mana bila di lomba dia tetap bertahan dengan ekstra lembut? “Apapun lah itu saya sangat senang, walau pun baru sesi latihan hari pertama,” jelas Aleix yang sebelumnya mengeluh soal defisit power GSX-RR.

Tapi ternyata power yang pas-pasan itu memudahkan GSX-RR lebih enteng masuk di 14 tikungan Termas. Ya ngggak kegedean power dan juga nggak kekecilan tenaga. Buktinya catatan yang diperoleh Aleix yang satu-satunya joki bisa berlari di bawah 1 menit 39 detik. “Kecepatan ini bisa ditingkatkan dengan memasang ban lebih keras di depan,” kira Aleix soal rencananya pada sesi hari kedua untuk menambah lincah motornya.

Aleix juga sangat yakin, lay-out Termas untuk sementara ini cocok dengan speksifikasi set-up motornya. Dibilang sementara karena dia yang tercapat sampai FP2, kan belum tahu FP3 nanti. Ia mudah mengendalikan itu GSX-RR. “Feeling saya terhadap trek selalu tepat. Tata letaknya  benar-benar baik untuk motor kami,” pungkas Aleix.

Yang paling adil dibuktikan di lomba bro. Kalau sesi latihan sampai kualifikasi itu belum dapat poin, hehe.  Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Termas, Argentina, 17, 18, 19 April 2015

MotoGP 2015 Argentina Jelang FP3/Q2: Rossi Masih Berkutat Dengan Karet, Tapi Tenang..!

MotoGP 2015 Argentina FP2: Kembali Suzuki Aleix Tercepat, Dikawal Iannone

MotoGP 2015 Argentina FP1: Suzuki Tercepat Latihan Bebas Ke-1, Ditempel Ducati

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP1): Suzuki Tertahan Oleh Rintangan Yang Sama

BAGIKAN