nhk

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP3&Q2): Marquez Makin Bijak, Tak Lagi Panasan

ManiakMotor – Tahun lalu Valentino Rosi sempat bilang Marc Marquez hanya bisa dikalahkan kalau anak muda Spanyol itu celaka di lintasan. Tahun ini, sepertinya sulit berharap akan banyak kecelakaan menimpa Marquez.

Karakter Marquez yang tadinya super agresif dan pantang kalah cepat di semua sesi, sepertinya mulai bisa ditahan. Ia tak lagi terlalu panasan saat dikalahkan rider lain karena akibatnya berpotensi merugikan diri sendiri. Di GP Qatar darah mudanya masih tergoda karena pole position lari ke kubu Ducati. Itu sebabnya ia grasak-grusuk di garis start, kemudian melebar dan akibatnya terlempar ke urutan belakang.

“Kompetisi semakin ketat, saya harus lebih calm menyikapi situasi,” kata MM tahun lalu saat ditanya soal agresivitasnya yang sudah berbeda dibandingkan musim 2013 yang membuatnya 13 kali kecelakaan di lintasan. Perbedaannya makin jauh lagi kalau dibandingkan dengan gaya balapnya saat di Moto2 yang main grasak-grusuk seolah tak boleh ada pembalap di depannya.

Sikap bijak MM pun terlihat saat dua FP awal GP Argentina digelar pada Jumat (17/4). Ia hanya tercepat ke-3 di bawah Suzuki dan Ducati, komposisi yang terbilang aneh mengingat dominasi Honda selama ini. “Lintasan masih sangat licin, ndak ada grip, ban saya banyak slip,” ucap Marquez soal poisi ke-3-nya dan cenderung nahan diri untuk tidak memaksakan diri jadi rider tercepat. Ketimbang celaka Bro!

Ya, MM kini lebih sabar. Ogah panasan hati lagi demi hindari risiko yang tak perlu. Seperti Rossi yang bilang soal ban akan krusial di GP Argentina, MM juga berpandangan sama. “Akan bergantung pada grip ban, dan itu dtentukan oleh ketepatan seting. Yang jelas, saya akan tetap keluar masuk lintasan dan memastikan diri tampil apik saat balapan. Itu yang penting,” katanya.

Tuh kan, mulai merasa sesi latihan nggak terlalu penting dikejar sebagai pembalap tercepat! Wah berguru pada The Doctor memang. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Termas, Argentina, 17, 18, 19 April 2015

MotoGP 2015 Argentina Jelang FP3/Q2: Kata Aleix Lay-Out Sirkuit, Cocok Dengan Suzuki

MotoGP 2015 Argentina Jelang FP3/Q2: Rossi Masih Berkutat Dengan Karet, Tapi Tenang..!

MotoGP 2015 Argentina FP2: Kembali Suzuki Aleix Tercepat, Dikawal Iannone

MotoGP 2015 Argentina FP1: Suzuki Tercepat Latihan Bebas Ke-1, Ditempel Ducati

BAGIKAN