nhk

MotoGP 2015 Argentina (Jelang Race): Front Row Perdana Suzuki, Balapan Masih Lihat Nanti

 

ManiakMotor – Suzuki hebat euy! Baru tiga ronde setelah come back ke MotoGP sudah cetak start baris depan. Itu raihan Aleix Espargaro di sesi Q2 GP Argentina. Doski start persis dari samping jurdun Marc Marquez. Tapi, apa yang bisa dilakukan saat raceday?

Dengan alokasi ban yang berbeda antara pabrikan lama dengan pabrikan baru, sulit berharap GSX-RR akan mampu menyaingi RC213V dan M1 dalam 25 laps durasi balapan. Dengan ban lebih lembut (medium), daya tahannya pastilah lebih lemah dibandingkan extra hard tyre yang dipasok khusus buat RC213V dan M1 di GP Argentina. Apalagi kalau pakai ekstra lembut di belakang?

“Itu bagaimana saat race saja. Kami akan seberapa kuat ya ditunggu saja. Yang sangat penting dan istimewa, di Q2 i kami buktikan punya motor dan pembalap yang mumpuni. Front row hanya dalam tiga kali kesempatan sudah luar biasa,” komentar Davide Brivio, manajer tim Suzuki yang juga mantan manajer Valentino Rossi di Yamaha itu.

Sadar pada kelemahan ban untuk balapan, Brivio tak pasang target khusus untuk Aleix selain berharap tampil maksimal untuk menakar lebih jauh lagi potensi sesungguhnya GSX-RR. Bagaimanapun, katanya, GSX-RR masih terus dalam proses pengembangan.

Aleix pun tahu bakal sulitnya melawan pembalap yang pakai ban ekstra keras. Tapi, anak Spanyol ini tak mau dikurung oleh kekhawatiran. Ia ingin  fight sebisanya dan selalu sedekat mungkin dengan zona podium. “Posisi start kedua membuat kesempatan itu terbuka. Kami harus dapatkan setingan terbaik  untuk durasi balapan dan saya harus cerdik memenej ban sepanjang balapan. Saya akan mencari cara dan berjuang maksimal demi prestasi terbaik, namun harus diingat bahwa yang tak kalah penting adalah target meraih poin sebisa mungkin,” tegas Aleix.

Memang tak disinggung, tapi menarik menyimak prosesi start antara Aleix dan Marc Marquez selaku musuh abadi. Sejak zaman bocah, keluarga mereka di Spanyol selalu bermusuhan seiring dengan rivalitas sengit dan terus menerus antara Marquez dengan Pol Espargaro yang adik kandung Aleix. Keduanya memang pembalap profesional, tapi bukan tak mungkin faktor dendam masa lalu masih bisa bermain. Andro

BACA JUGA
Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Termas, Argentina, 17, 18, 19 April 2015

MotoGP 2015 Argentina (Jelang Race): GP15 Tak Seheboh Qatar Dan Amrik, Sasaran Tetap Podium

MotoGP 2015 Argentina (Jelang Race): Rossi Kecewa Strateginya Ngaco, Lorenzo Harusnya Front Row

MotoGP 2015 Argentina (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo di Belakang Bikin Marquez Tenang

MotoGP 2015 Argentina Q2: Marquez Pole Position, Suzuki Kedua

BAGIKAN