nhk

MotoGP 2015 Argentina (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo di Belakang Bikin Marquez Tenang

 

ManiakMotor – Komposisi starter terdepan GP Argentina sebenarnya top markotop dan baru sekali terjadi. Tiga pembalap terdepan semuanya bernyali dan bernafsu besar dan harusnya jadi fokus Marc Marquez pada race Minggu 19 April di Argentina dan di sini sudah 20 April dinihari.

Sebagai peraih pole position, sepertinya Marquez tak terlalu pusing melihat Aleix Espargaro (Suzuki) dan Andrea Iannone (Ducati) di sampingnya. Wajar-wajar saja sih kalau Dek Marquez abaikan dua rider itu. Pasalnya, Aleix dan Iannone kuat di single lap tak lain berkat bantuan kompon ban yang lebih lunak ketimbang jatah tim pabrikan.

Maklum, Suzuki dan Ducati bermain di bawah regulasi Open Class. Sebaliknya pada balapan, kompon ban paling keras diyakini jadi opsi terbaik karena daya tahannya yang diprediksi mampu melibas 25 laps di atas lintasan aspal termas de Rio Hondo yang cenderung kasar.

Ban belakang khusus itu, extra hard tyres, hanya diperuntukkan buat rider Honda dan Yamaha. Suzuki dan Ducati harus pakai ban lebih lunak. Karena itu Marquez lebih mengintip Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sebagai pesaing sebenarnya.

“Untungnya mereka di baris belakang saya. Itu bikin saya lebih tenang dan berharap bisa lebih kuat saat balapan,” ucap Marquez yang bikin startegi baru saat Q2. Ia pakai taktik 3 kali pitstop dan tiga kali timing karena waktu memungkinkan untuk itu.

Boleh saja Dek Marquez lirik-lirikkang Rossi dan Mas JL. Tapi, jangan lupa, perangai Aleix dan Iannone yang seorang fighter macam Marquez bisa jadi ancaman tersendiri kala lepas start. Dua-duanya bisa jadi ngotot merebut posisi Marquez sejak lampu start dipadamkan. Sulit memprediksi apa yang akan terjadi. Akan bagaimana kiat Marquez mengelak dari potensi seperti itu? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Termas, Argentina, 17, 18, 19 April 2015

MotoGP 2015 Argentina Q2: Marquez Pole Position, Suzuki Kedua

MotoGP 2015 Argentina FP4: Marquez Yang Laju, Dua M1 Meningkat

MotoGP 2015 Argentina FP3: Marquez Tercepat Latihan Bebas Ke-3, Rossi Ke-7

MotoGP 2015 Argentina (Jelang FP3&Q2): Lorenzo Masih Bersemangat, Walau Komentator Mulai Cuek

BAGIKAN