nhk

MotoGP 2015 Argentina (Jelang Race): Rossi Kecewa Strateginya Ngaco, Lorenzo Harusnya Front Row

 

ManiakMotor – Dapatkan formula set up lebih apik di sesi FP4 membuat prajurit Movistar Yamaha memasuki sesi Q2 dengan optimisme tinggi. Sayang, semangat itu berakhir dengan kekecewaan. Valentino Rossi hanya sanggup ambil grid start ke-8.

Bukan itu yang bikin doski kecewa karena sudah terbiasa start dari tengah. Yang ia sesalkan adalah strateginya sendiri yang doski bilang ngaco. “Saya masuk trek dan timing pada saat lintasan banyak pembalap. Terlalu sesak dan tentu saja sulit mengembangkan kecepatan. Harusnya bisa lebih baik,” tegasnya.

Senada dengan Jorge Lorenzo yang urutan ke-5. Bukan karena strategi tapi kesalahan sendiri. Pada kesempatan pertama laju M1-nya sudah terasa oke. Seperti biasanya, pembalap   makin ngotot dalam kesempatan kedua dengan ban segar.

Tapi, mungkin mas JL terlalu bersemangat dan terlampau kencang di beberapa sudut sehingga M1-nya harus sedikit melenceng dari racing line. Akibatnya ya hilang waktu sepersekian detik. “Andai tak bikin salah, saya yakin start frontrow. Tapi, inilah balapan, acap tak sesuai dengan keinginan,” katanya.

Tapi, sudahlah, yang penting kan saat balapan nanti yang durasinysa 25 lap. Keduanya sudah yakin dengan basis set up seperti di FP4.  Mereka akan paki spek ban belakang produksi khusus Bridgestone untuk GP Argentina, yakni extra hard tyre.

Untuk ban depan belum ditentukan, apakah lunak, medium atau keras sangat tergantung pada kondisi cuaca terkini. “Masih ada sikit-sikit pekerjaan untuk tingkatkan grip ban. Secara keseluruhan kami punya pace yang bisa diandalkan dan saya siap lakukan yang terbaik saat balapan,” tegas The Doctor.

Tantangan menarik terbentang di depan dua rider senior berkelas juara dunia itu. Tiga starter terdepan dengan tiga pabrikan berbeda (Honda, Suzuki, Ducati) dihuni para pembalap muda yang masih liar dan agresif. Macam mana strategi Kang Rossi dan Mas JL menghadapi mereka? Ikut agresif sejak garis start atau membiarkan Marquez, Aleix dan Iannone sibuk lebih dulu baru kemudian cari-cari kesempatan? Hmmmt, silakan saja sampeyan tebak-tebak sendiri! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Termas, Argentina, 17, 18, 19 April 2015

MotoGP 2015 Argentina (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo di Belakang Bikin Marquez Tenang

MotoGP 2015 Argentina Q2: Marquez Pole Position, Suzuki Kedua

MotoGP 2015 Argentina FP4: Marquez Yang Laju, Dua M1 Meningkat

MotoGP 2015 Argentina FP3: Marquez Tercepat Latihan Bebas Ke-3, Rossi Ke-7

BAGIKAN