nhk

MotoGP 2015 Argentina (Pasca Race): Cruthclow Ungkap ‘Rahasia’ Honda, Utamakan Marquez, Perhitungkan Rossi

ManiakMotor – HRC menggelar rapat gabungan sebelum balapan GP Argentina. Pembalap satelit Honda macam Cal Crutchlow (LCR) juga dilibatkan. Yang dibahas adalah strategi bersama. Inti briefing itu adalah mengupayakan dan menjaga Marc Marquez jadi juara,tak boleh diganggu, juga membahas kemungkinan datangnya ancaman Valentino Rossi meski start dari urutan 8.

Keputusan rapat adalah para joki RC213V pabrikan pakai ban belakang hard tyre. Sebab diprediksi dengan analisa pakai logika, akan kalah jika sama-sama pakai extra hard tyre macam yang digunakan Rossi. Marquez diinstruksikan gaspol sejak awal untuk membuat gap panjang sepanjangnya karena ada potensi M1 milik The Doctor sudah akan tiba dan ngelawan pada kisaran lap ke-16. 

Crutchlow yang start ke-4 persis di belakang Marquez juga tugas tambahan karena speed-nya juga oke sejak sesi latihan. Ia wajib ‘melindungi’ Marquez kala lepas start dan membiarkannya ke depan. Kalaupun ia bisa fight melawan Marquez, itu harus dilakukan di bagian akhir balapan saat kondisi dan situasi lebih aman.

“Begitu rancangan strategi tim dan Honda,” ujar Cal yang pakai ban sama dengan Marquez dan terlihat agresif di garis start dan langsung mengekor di buntut motor Marquez untuk menjaganya dari sergapan rider lain. Itu dilakukan Crutchlow yang berada di belakang Marquez sejak lap 2 sampai 7, tentu saja tanpa pergerakan untuk coba menyalip si anak emas Honda itu.

“Strategi itu nyaris berhasil, sayangnya Marc terlalu keras di lap-lap awal sehingga bannya lebih tergerus dari ban saya. Kami sudah perkirakan akan bertemu dengan Valentino dan itu terjadi,” ungkap Curtchlow yang juga .membocorkan strategi pakai hard tyre itu diambil karena extra hard  tyre kurang h cocok dengan karakter RC213V, terlebih pada area corner entry alias masuk tikungan. Maklum, 14 tikungan Termas de Rio Honda dominan tikungan cepat yang sejatinya memang makanan M1.

Akhirnya, Crutchlow sangat diuntungkan oleh insiden Rossi – Marquez. Ia sukses menghuni podium ketiga, podium pertamanya bersama RC213V dan podium yang jadi penantian panjang tim LCR Honda. Lepas dari faktor keberuntungan itu, satu jempol memang layak diberikan kepada rider Inggris itu. Ia masuk finish dan podium lewat duel sengit melawan Andrea Iannone (Ducati) sampai titik bensin terakhir. Ia juga mampu jalankan instruksi jaga ketahanan ban dengan apik. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Jerez: Apalagi Alasan Lorenzo? Eh Malah Memuji Rossi

MotoGP 2015 Argentina (Pasca Race): Marquez Mau ‘Tipu’ Rossi Soal Ban, The Doctor Nggak Ngaruh

MotoGP 2015 Argentina (Pasca Race): M1 Rossi Kembali Ke Perfoma Asli, Jangan Percaya Latihan

MotoGP 2015 Argentina (Pasca Race): Minggu Menyesakkan Buat Honda, Marquez Merasa Benar

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Termas, Argentina, 17, 18, 19 April 2015

BAGIKAN