nhk

MotoGP 2015 Assen (Jelang FP1&2): Pakai Sasis 2014, Marquez Akui Risiko Jatuh Lagi

ManiakMotor – Paket RC213V 2015 bikin Marc Marquez menderita sepanjang 7 seri balap musim ini. Datang ke Assen, doski pun pastikan pakai sasis 2014 dan swingarm terbaru untuk meredam ganasnya engine spek 2015. Resikonya ya besar juga!

MM bilang kombinasi teknis itu membuatnya lebih nyaman di atas motor dan tampil kencang dalam single lap. Itu kesan pertama saat diuji pada sesi tes Catalunya lalu meski hanya sempat melakoni beberapa lap di lintasan kering.

Uji coba lebih mendalam tak bisa dilakukan karena tes terhalang hujan.  “Untuk satu lap hasilnya kurang lebih sama dengan gebetan 2014. Tapi,kami belum bisa membandingkan bagaimana konsistensinya dalam balapan banyak lap karena tak cukup waktu. Komparasinya akan dilakukan pada sesi awal di Assen tapi tentu saja tak boleh banyak kehilangan waktu,” ucap MM saat jumpa pers wajib jelang GP Belanda.

Karena itu, katanya, menggunakan sasis 2014 pada spek motor 2015 juga punya resiko tersendiri gara-gara kurangnya jam terbang uji coba tadi. Konsistensi kecepatannya saat raceday sama sekali belum terukur. “Saya bisa saja membuat kesalahan dan jelas berisiko. Sedikit saja salah, bisa jatuh,” tegas MM yang sudah bolak-balik jatuh pada musim ini dan ganjarannya adalah defisit poin yang mencapai 69 dan butuh sedikit keajaiban untuk mengejarnya.

Itu satu sisi. Sisi lainnya adalah  keharusan MM tampil maksimal di Assen dengan cara mengalahkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Hanya itu jalan agar nafas perjuangannya bisa lebih panjang di jalur perebutan gelar 2015. Kalau sempat DNF lagi, tamatlah sudah ceritanya. Cilakanya, karakter Assen yang cepat cenderung menguntungkan M1.  “Dua tahun lalu Vale dan Jorge sangat kuat di Assen dengan M1. Kita harus lihat bagaimana akhir pekan ini berlangsung,” pungkasnya.

Menarik juga menunggu apakah MM masih punya greget dalam pertarungan jurdun 2015 atau tidak. Penentuannya bisa terjadi di GP Belanda meski kata tetangga: tenang saja, Belanda masih jauhhhh! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Assen: Tinggal Tergantung Marquez Kembalikan Mentalnya

MotoGP 2015 Assen (Jelang FP1&2): Ketimbang Rossi dan Marquez, Lorenzo Lebih Takut Diri Sendiri

MotoGP 2015 Assen: Rossi Pakai Rangka Baru Serbu Kualifikasi, Antisipasi Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Assen: Lorenzo Diunggulkan, Rossi Ogah Dilengserkan

MotoGP 2015 Jelang Assen: Dovizioso Ingin Bawa GP15 Podium, Pasti! Motor Cocok

 

BAGIKAN