nhk

MotoGP 2015 Assen (Jelang FP3 & Q2): Serba Positif Bagi Rossi, Sasis Baru Yang Asyik

ManiakMotor – Out – in – out M1 Valentino Rossi manis di sirkuit Assen.  Doski nggak kerepotan menasukan motornya pada 18 tikungan di sirkuit Belanda itu pada FP1 dan FP2 pada Kamis 25 Juni. Itu berkat sasis baru aluminium twin tube delta box with multi-adjustable. Kendati dia masih menentukan di sesi FP3 pada Jumat 26 Juni pakai sasis ini atau tidak pada saat lomba?

Bisa pula bukan karena sasis, tapi nafsu Rossi untuk perbaiki grid position bikin aksinya pada hari pertama yang wah. “Posisi 3 besar sementara ini jelas awal yang bagus. Kami telah menemukan basis setelan motor yang menarik,” ucap Rossi yang tercepatnya di FP1 dan merupakan ‘prestasi’ terbaiknya selama ini di sesi latihan.

Pakai sasis baru memberi kontribusi positif karena di FP2 laju M1-nya saat masuk tikungan sangat nurut.  Sayangnya duet Dani Pedrosa dan Marc Marquez sedikit lebih kencang. Rossi tak kecewa karena urutan 3 juga kemajuan tersendiri dibandingkan tradisi selama ini yang berkisar  posisi 6 sampai 8 pada latihan bebas.

Apalagi persaingan di Assen sudah terlihat bakal rapat karena 8 pembalap tercepat sudah bermain pada kisaran waktu 1:33 koma sekian. “Prioritas hari ini menentukan sasis yang bakal digunakan balap. Yang baru terasa lebih nyaman,” tutur Rossi tanpa menebut bagian mana pada sasis yang berbeda dengan terdahulu. Apakah lebih rigid, lentur atau macam mana geetu?

Katanya sasis cocokan dengan karakter ban Bridgestone bersama suspense Ohlins. Sehingga Rossi dan tim teknisnya mudah menyusun strategi teknis menjejak racing line pada tikungan Assen yang sebagian besar tipikal cepat, walau sempit. “Ban keras maupun medium tampak cocok  dipakai balapan. Mana yang lebih oke akan ditentukan kondisi cuaca. Jika panas macam sesi FP1 tentu hard tyres yang dipilih. Intinya kami tak alami masalah dengan ban,” tandas Rossi tanpa bermaksud mennyentil Jorge Lorenzo yang kali ini disulitkan oleh ban dan berada di urutan 6 tercepat.

Sesi FP3 dan 4 pada Jumat ini digunakan Rossi untuk tingkatkan setingan sekaligus menentukan sasis. Tentunya tak lupa dengan target awal, perbaiki posisi start baris depan guna membendung Lorenzo di kalsemen. Niat Rossi membuat sesi Q2 akan lebih mendebarkan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3, 25 – 27 Juni 2015

MotoGP 2015 Assen (Jelang FP3&Q2): Lorenzo Harus Modifikasi Ulang M1-nya

MotoGP 2015 Assen FP2: Pedrosa Tercepat Latihan Bebas Kedua, Rossi Ketiga

MotoGP 2015 Assen FP1: Rossi Tercepat Latihan Bebas Pertama, Doski Mulai Beri Bukti

MotoGP 2015 Assen (Jelang FP1&2): 7 Pembalap Bidik Podium, Panas Euy!

MotoGP 2015 Assen (Jelang FP1&2): Pakai Sasis 2014, Marquez Akui Risiko Jatuh Lagi

BAGIKAN