nhk

MotoGP 2015 Assen Jelang Race: Modifikasi Balance M1 Rossi + Sasis Baru, Senjata Pamungkas

ManiakMotor – Sasis baru dan modifikasi keseimbangan motor. Maka bahasa standarnya Valentino Rossi claim pole position untuk lomba ronde 8 MotoGP 2015 di Assen, Belanda yang berlangsung Sabtu 27 Juni 2015 ini. Itu dari hasil Q2 yang dibuat Rossi  1’32.627 dan merupakan pole ke-61 dalam karirnya. Catatan 1;32 hanya Rossi dan Aleix Espargaro yang bisa melakukan di Q2.

Di Assen Rossi akhirnya memlilih sasis baru yang dikawinkan dengan jurus modifikasi distribusi bobot sejak dari GP Barcelona. “Bukan hanya sasis baru, tapi setting by setting setiap sesi. Juga sejujurnya motor sudah berubah jauh sejak Sabtu di Catalunya. Di sana kami banyak melakukan modifikasi keseimbangan,” jelas Rossi yang saat Q2 menyindir Aleix Espargaro di detik-detik terakhir sepertinya menghalangi jalurnya. Tapi masalah itu sudah diklarifikasi berdua.

Rossi  juga menambahkan Assen sirkuit spesial buat dirinya. Jadi soal sasis dan modifikasi hanya menambah percaya dirinya di sirkuit berada di Walanta tersebut. “Assen  selalu istimewa buat saya. Banyak balapan penting dalam karir saya terjadi di Assen. Pole postion ini sangat penting yang belakangan sudah jarang saya dapatkan,” tambah Rossi yang mendapatkan pole-nya di detik-detik terkahir di mana nyaris semua kontestan sudah finish.  

Sayang Rossi belum cerita soal bagian mana modifikas yang dilakukan pasukannya di Barcelona. Tapi kalau cerita keseimbangan, jelas berkutat pada setelan suspensi depan dan belakang, lengan ayun dan geometri steering yang memang ada pada sasis M1. Kan tertulis begini pada rangka M1; multi-adjustable steering geometry. Itu hanya elmu kira-kira penulis, jangan terlalu percaya, nikmati saja bacanya.

Sama juga dengan sasis. Tadinya Rossi kurang percaya bahwa sasis baru akan membatu di Assen. Sebab modifikasi distribusi bobot sudah dianggapnya berhasil penuh. Maksudnya, itu M1-nya telah mentok dikembangkan lagi, karena sudah sangat enak alias nyaman dikebut. Tidak mungkin dengan hanya sasis akan lebih baik lagi. Itu anggapan Rossi awalnya loh.

Ternyata eh ternyata, sasis tersebut menambah grip ban yang porposional. Kalau sudah ada grip yang jitu, masuk-masuk ketikungan juga suka-suka dewek. “Pakai ban bekas pun dengan sasis ini terasa ada grip. Ini luar biasa dan menambah percaya diri. Tapi semuanya tergantung lomba pada Sabtu (27/6) ini. Saya rasa Jorge akan membalap dengan baik,” tutupnya yang sebenarnya masih banyak cerita lain.

Awalnya juga soal kualifikasi hanya sekadar start berdekatan dengan Lorenzo, agar saat lomba tidak ketinggalan awal-awalnya. Lorenzo lawan Rossi di klasemen dan empat kali juara di empat seri belakangan. Di Q2 di Assen, Lorenzo hanya ke-8. Ya tukaran dengan posisi Rossi selama ini di grid start, hehe. Ito     

BACA JUGA

 Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3, 25 – 27 Juni 2015

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 Assen Q2: Rossi Pole Position, Motornya Kencang Amat

MotoGP 2015 Assen FP4: Marquez Tercepat, Rossi Kedua

MotoGP 2015 Assen Belanda FP3: Rossi Tecepat Latihan Bebas Ketiga, Time-nya Fantastis

 

 

 

BAGIKAN