nhk

MotoGP 2015 Assen (Race): Tidak Ada Yang Curang! Rossi Vs Marquez Hanya Insiden Biasaaaaa!

 

ManiakMotor – Duel sengit Valentino Rossi memang sampai lap terakhir dan tikungan terakhir di sirkuit Assen, Balenda saat race ronde ke-8 MotoGP, Sabtu 27 Juni 2015. Menuju tikungan 18 yang model chicane yang dimulai arah kanan itu, Rossi masih memimpin, namun persis masuk tikungan Marquez memaksa menyodok. Tapi Rossi memaksa kembali, karena dalam hati berpikir itu masih jalurnya. Balap juga punya etika, hehe.

Terjadilah senggolan kecil dan Rossi memang harus menghindar, agar sentuhannya nggak makin besar. Tapi tangkisan Rossi ini malah membuat dia melebar. Saat itu laju Rossi malah ke lintasan berpasir yang bukan jalur aspal yang jadinya potong jalur. “Kami telah memeriksa senggolan itu dari kamera semua sudut. Keputusannya, ini hanya racing incident. Tidak ada keuntungan yang diperoleh oleh pembalap satu sama lainnya,” jelas race director MotoGP di Assen, Mike Webb. Racing incident adalah senggolan biasa terjadi di balapan.

Ya, iyalah. Kalau cerita keuntungan memang nggak ada. Boleh dibilang, mujur saja The Doctor terbiasa di arena dirt track garuk tanah. Sehingga lengannya tetap kuat mengontrol M1-nya saat melintas di jalur berpasir usai menghindar kontak besar dengan motor Marquez. Dan hanya itu yang bisa dilakukan Rossi. Jika Rossi terus rebah, dua-duanya akan jatuh. Kira-kira begitu.

“Hal itu tidak bisa dihindari oleh keduanya. Memang dilarang mendorong pengendara yang sudah berada di jalurnya. Tapi ini ceritanya keduanya masuk bersamaan ke tikungan. Keduanya pasti menghindar sentuhan yang satu keluar lintasan dan satunya ke arah lain, berarti nggak sengaja,” tambah Webb yang artinya juara Rossi sudah sah. Piala yang barusan diterimanya sudah dibawa ke kamar hotelnya. Dia juga tetap memimpin klasemen.

Andai Rossi tahu hindarannya seperti memotong jalur dan tahu hasil akhirnya, ya itu hanya Rossi juga yang tahu dalam hatinya. Kan dalam balap juga dituntut berpikir kilat. Sebab antara pintar dan cerdik kan tipis bedanya. Eh… gitu kan. Intinya Marquez tetap harus berguru pada idolanya itu yang otak balapnya tak ada habisnya. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3, 25 – 27 Juni 2015

MotoGP 2015 Assen (Race): Rossi Duel Panas Dengan Marquez, Juaranya The Doctor 

MotoGP 2015 Assen Warm Up: Marquez Tercepat Pemanasan, Rossi Menempel

MotoGP 2015 Assen Jelang Race: Peluang Rossi Saat Lomba, M1-nya Apik Tenan, Tanpa Dipaksa 

BAGIKAN