nhk

MotoGP 2015 Assen: Rossi Pakai Rangka Baru Serbu Kualifikasi, Antisipasi Lorenzo

 

ManiakMotor – Rangka Yamaha M1 terbaru menurut Valentino Rossi belum sepenuhnya ia rasakan bedanya dengan terdahulu. Harusnya, testing rangka sudah dimulai di Catalunya, Barcelona berlanjut ke Aragon. Tapi testing di Catalunya dua  minggu lalu itu, gagal oleh hujan. Sedang test pribadi di Aragon terlalu singkat.

Karena itu, Rossi akan melanjutkan coba-coba rangkanya pada hari pertama sesi latihan bebas di Assen pada Kamis 25 Juni. Targetnya memang rangka ini diuji pada sirkuit berbeda. “Akan dikonparasi dan dipahami, apakah memiliki kinerja lebih baik atau tidak?” cerita Rossi sembari bertanya dalam jumpa pers wajib Rabu 24 Juni di Assen menghadapi MotoGP ronde ke-8.

Kalau lebih baik tentu akan digunakan Rossi untuk memperbaiki posisinya yang selalu kalah dari Jorge Lorenzo di kualifikasi. Rangka ini sejak awal diklaim untuk ketajaman M1 saat in atau masuk tikungan yang sebenarnya sudah baik. Ilmu kira-kiranya, rangka terbaru ini untuk membantu kerja girboks SSG. Kan SSG di awal seri sudah berhasil diatasi dengan aktif turun gigi yang sangat membantu motor tenang menekuk tikungan. Kini paket rangkanya. Wah kalau berhasil, tentu makin baik buat Rossi mendongkrak posisinya di grid start.   

Maklum di jumpa pers tersebut soal kualifikasi itu yang mengemuka. Para wartawan mengejar Rossi dengan pertanyaan bertubi, karena jadi alasan Rossi tak bisa bersaing dengan JL di empat seri lalu.  Rossi terlalu lama membuang waktu menyalib musuh untuk sampai di dekat Lorenzo, akibat Q2-nya yang kurang laju.

Di Assen ini, Rossi berjanji akan start berdekatan dengan JL. “Ya, Jorge lebih baik dari saya dalam kualifikasi. Dia selalu sedikit lebih cepat. Sulit karena ada banyak motor yang sangat cepat. Di sana ada Suzuki dan Ducati yang pakai ban ekstra lembut,” aku Rossi yang sudah 8 kali menang di Assen, dua di antaranya di kelas GP125 dan GP250.

Rossi memang butuh perangkat baru untuk mempertahankan posisinya di klasemen. Kali ini ada rangka yang belum jelas ampuhnya membawa mesin dan suspensi. “Motor saya dan Jorge seimbang. Kami juga pakai ban yang sama. Jika start dari row 3 akan sulit, seperti  di Catalunya motor saya kencang. Tapi saat di posisi kedua, Jorge sudah menjauh,” tambah Rossi yang sangat berharap pada rangka barunya untuk mendorongnya di sesi Q2.

Artinya harus start di depan JL atau di sampingnya. Persoalnya, JL juga pakai rangka yang sama, macam mana tuh? Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Assen: Tinggal Tergantung Marquez Kembalikan Mentalnya

MotoGP 2015 Jelang Assen: Lorenzo Diunggulkan, Rossi Ogah Dilengserkan

MotoGP 2015 Jelang Assen: Dovizioso Ingin Bawa GP15 Podium, Pasti! Motor Cocok

MotoGP 2015 Jelang Assen: Saatnya Suzuki Beri Bukti Podium

MotoGP 2015 Jelang Assen: GP Ceko Terancam Bubar, Penjualan Tiket Terhenti

 

 

 

 

BAGIKAN