nhk

MotoGP 2015 Austin Amerika Jelang FP3/Q2: M1 Rossi Tidak Terlalu Buruklah, Katanya!

ManiakMotor – Seperti biasa pembalap Movistar Yamaha MotoGP Valentino Rossi nggak ngotot-ngotot amat ke depan di sesi hari pertama GP Amerika. Di FP1 Rossi ke-4 saat kondisi basah (hujan) dengan time 2’20.593. Siangnya di FP2 Rossi ke-6 dengan  2’05.691 berlangsung di trek kering. Time itu masih berbeda 1 detik dari yang tercepat, ya mirip-mirip saat di Qatar di sesi latihan dia juga ketinggalan seperti itu tapi hasilnya juara.

Di FP1 yang berlangsung di sirkuit Austin, Amerika 10 April 2015 itu, Rossi terlihat sersan alias serius namun santai. Katanya dia wajib lalui kondisi basah untuk lebih kenal banyak Austin pada kondisi demikian. “Sangat penting saya menguji motor saat hujan. Tahun lalu dengan kondisi basah, motor nggak ketemu enaknya. Tapi sekarang cukuplah dengan posisi ke-4 di FP1,” kata Rossi dengan mengumbar senyum.

Di FP2 walau keenam diakuinya M1 agak membaik di 20 tikungan Austin. Bisa diajak menikung 11 kali ke kiri dan nurut diajak rebah 9 kali ke kanan. Juga di trek lurus yang dihadang pengereman keras, itu M1 dianggap sesuai harapan. Tapi memang butuh seting lagi untuk menuju FP3, FP4, kualifikasi dan terutama setelan yang dibawa ke lomba yang berlangsung 12 April di sana.  

Perubahan kondisi dari FP1 ke FP2 dari basah ke kering tentu banyak perubahan setting. Ya iyalah, terutama soal cabut-cabut motor. “Saat kering di FP2 memang hanya keenam, tapi saya merasakan keadaan tidaklah terlalu buruk. Perlu kerja keras lagi pada sesi hari kedua untuk merancang set-up sesuai karakter Austin yang  tricky,” janji Rossi.

Simpan tenaga bro yang penting lomba. Apalagi di Austin ini Kang Rossi belum pernah naik podium kan. Seperti dikatakan direktur Tim Massimo Meregalli, bahwa pasukannya harus siap dengan semua keadaan. Katanya hujan di Austin bersamaan dengan angin kencang dalam suhu yang dingin. “Tim harus siap menghadapi kondisi basah dan kering untuk menghimpun data. Dua hari ke depan belum bisa dipastikan cuaca Austin sampai lomba. Jadi memang harus siap dua kondisi,” lanjut Meregalli.  

Laksanakan. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austin, Amerika, 10, 11, 12 April 2015

MotoGP 2015 Austin Amerika FP2: Marquez Tercepat Latihan Bebas Kedua

MotoGP 2015 Austin Amerika FP1 (Lanjutan): Ducati GP15 Dovizioso Tercepat Di Trek Basah

MotoGP 2015 Austin Amerik FP1: Bendera Merah Hujan Deras, Bukan Karena Anjing

MotoGP2015 Austin Jelang FP1: Start Ke-200 The Kentucky Kid, Bisakah Dongkrak Amerika?

BAGIKAN