nhk

MotoGP 2015 Austin Amerika (Jelang Race): Masalah Ban GP15, Tanda Tanya di Raceday

 

ManiakMotor – Sedikit-sedikit mulai terkuak kalau Desmosedici GP15 sebagai besutan baru tim Ducati rada terkendala di Austin jika lintasan kering. Andrea Dovizioso maupun Andrea Iannone belum juga dapatkan dasar setingan terbaik menuju raceday.

Tercepat di FP1 dengan merusak hegemoni Marc Marquez sebagai penguasa Austin belum memberi gambaran utuh  GP15 yang menggabungkan speed pada dua trek lurus, namun tikungannya stop and go. Maklum, kemenangan Dovi pada sesi itu dibuat saat wet race alias litasan basah. Begitu lintasan kering, mulai deh rada repot. Itu sebabnya Ducati hanya punya target bertahan di grup 10 Besar sesi FP3 agar lolos langsug ke sesi Q2. Sayangnya, hanya Dovi yang mampu ke-8. Iannone ke-11 dan akibatnya harus masuk lewat Q1 menuju Q2.

Itu GP15 kembali dioprek-oprek timnya Luigi Dall’Igna untuk dijajal pada sesi FP4. Itu motor langsung diperiksa datanya secara online – tidak seperti di balap lokalan masih pakai kabel data ditancap pada motor ke laptop –  dan beberapa onderdil diganti. Eh ternyata eh ternyata ada progress. Dovi ke-3, Iannone ke-5. Itu bekal ke sesi Q2, masalahnya tinggal pada kompon ban belakang.  Dovi kuat dengan ban ekstra lembut, sebaliknya Iannone lebih klop dengan medium.

Q2 sepanjang 15 menit Dovi mencetak fastest time-nya saat roda belakang GP15 dialas karet hitam ekstra lembut. Sebaliknya dengan Iannone yang terkendala dengan ban itu, kemudian memakai ban medium dan cetak fastest time-nya  ke-7 dan menunda ambisinya untuk head on melawan Marc Marquez di garis start. Tapi tahu sendiri, kelamahan ekstra lembut cepat aus dan over heat  di lap yang banyak pada race.

Cuaca Austin yang beda dengan Losail menurut Dovi menjadi salah satu kendala menyusun setingan. “Tapi, dengan hasil akhir di Q2 berarti segala sesuatunya membaik. Kmi tetap kompetitif dan positif menghadapai balapan. Pasti tak mudah karena karena disini kekuatan kami tak seperti di Qatar,” kata Dovi yang belum tentukan akan pakai ban apa saat balapan.

Sebaliknya dengan Iannone yang tetapkan medium meskipun kurang puas. Tapi, apapun ceritanya, sepertinya GP15 tetap tak bisa diabaikan. Diapit RC213V dan M1 di garis start, tetap saja sebuah penantian menarik apakah GP15 bisa langsung menyerang atau sebaliknya hanya bertahan. Nyokkk kita ditunggu Bro! Tapi jangan lupa tidur dulu supaya nggak ngantuk-ngatuk jam 2 pagi nanti. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austin, Amerika, 10, 11, 12 April 2015

MotoGP 2015 Austin (Jelang Race): Pole Dramatis Marquez Gara-Gara Lampu Bahaya

MotoGP 2015 Austin Jelang Race: Rossi Angkat Marquez, Abaikan Dovi/Lorenzo, M1-nya Kuat

MotoGP 2015 Austin Jelang Race: Berkat The Doctor, Lorenzo ke Front Row

MotoGP 2015 Austin Amerika Q2: Marquez Pole Position, Rossi Ke-4

BAGIKAN