nhk

MotoGP 2015 Austin Amerika (Race): Ban Depan M1 Rossi Hancur Berat, Nih Buktinya..!

 

ManiakMotor – Valentino Rossi tidak menyalahkan pembuat ban. Dia malah memuji Bridgestone tahun ini mengeluarkan tipe hard yang lebih tebal untuk roda depan. Tapi itu pun tetap hancur oleh motornya saat pertarungan ronde 2 MotoGP di Austin, Amerika pada Ahad 12 April 2015 di sana.

Artinya M1 Rossilah yang merusak itu karet hitam. Mudah-mudahan juga bukan cara bawanya. Tapi kalau cara bawa, Rossi bilang saat gejala nggak beres muncul belum separuh lomba dia sudah membalap sangat halus. Kendati harus melakukan aksi saling salib dengan GP15 Andrea Dovizioso. Sebelumnya, dugaan awal duel dengan Dovi ini yang bikin  Rossi kelamaan untuk mengejar Marc Marquez. Ternyata memang ada problem.

Bahkan tikungan yang bisa ditekuk ke dalam, Rossi  malah pakai jurus menikung parabolic diawali dengan out bangat baru in dan out lagi. Ya itu bukan asli Rossi bermain demi menjaga awetnya ban.

“Saya tak bisa mendorong banyak untuk kabur dari Dovi. M1 saya dengan beberapa alasan menghancurkan ban depan. Terpaksa saya bermain sangat halus setelah sekitar 7 lap bermain ‘keras’,” kata Rossi yang bilang lomba ini buruk buat motornya walau ada perkembangan. Kasusnya di Asutin masih sama dengan 2013 dan tahun lalu soal ban depan. Ya untungnya ada ban keras depan, maka bertahan sampai finish.

Sebelum ban rusak berat, tentu telah ada gejala nggak beres pada wilayah depan M1-nya. Makanya dibawanya halus, namun 7  lap sebelum finish bannya keburu coak-coak parah pinggirannya. Dilihat dari foto sih pasti muncul getaran. Lha wong sisi luar karet sudah tak rata. Untung saja Rossi masih bisa mempertahankan posisi ketiga, kendati pasrah dilewati  GP15 Dovi. Itu pun masih coba sikit-sikit mengejar namun di tikungan tak segarang di Qatar.

Kalau ban Rusak sih salah satunya soal distribusi bobot. Beban ban sangat berat yang stress kompon. Salah duanya system pengereman dan salah tiganya kijenerja suspensi Ohlins. Makanya disebut Rossi ‘dengan beberapa alasan motornya merusak ban’.  “Secara keseluruhan ndak masalah, lagian kan tergetnya adalah podium dan itu sudah tercapai,” syukur Rossi.

Semuanya harus disyukuri. Kan sudah podium dari dua penampilan di Austin tanpa podium. Juga masih memimpin poin. Ito  

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Austin, Amerika, 10, 11, 12 April 2015

MotoGP 2015 Austin (Pasca Race): 7 Lap Jelang Finish, Dovi Manfaatkan Kelemahan Rossi

MotoGP 2015 Austin Amerika (Race): Juaranya Marquez, Disusul Dovizioso, Rossi

MotoGP 2015 Austin Amerika Jelang Race: Menanti Kejutan, Bukan Marquez Loh, M1 Rossi???

MotoGP 2015 Austin Amerika (Warm Up): Lintasan Agak Basah, Marquez Tercepat

BAGIKAN