nhk

MotoGP 2015 Austin Jelang FP3/Q2: GP15 Memang Woke, Pakai Ban Ekstra Lembut Malah Memble

 

ManiakMotor – Desmosedici GP15 milik Ducati kembali jadi buah bibir. Walau pun namanya buah itu nggak ada bibir, ya adanya di pohon. Toh, GP15 mampu merusak hegemoni Marc Marquez di Sirkuit Austin. Bakal sengit di sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu 11 April 2015 di Austin, Amrik.

Andrea Dovizioso tercepat di FP1 sekaligus menciderai rekor gemilang Marquez yang tahun lalu memenangi semua sesi GP Austin. Itu sekaligus  bukti GP15 pun woke di lintasan basah. Setidaknya mantap di tangan Dovi, karena GP15 satunya milik Andrea Iannone kesulitan di trek basah. Pada FP2 giliran Iannone yang lebih apik dibandingkan Dovi. Kondisi lintasan dalam keadaan kering.

“Saat basah saya tak punya feeling bagus di atas motor, sangat kesulitan. Sebaliknya di sesi sore, sejak awal sangat nyaman di atas motor. Perilaku motor mudah diarahkan,” komentar Iannone yang sementara ini tercepat ketiga di bawah Marquez  dan Cal Crutchlow di lintasan kering.

“Sesungguhnya kecepatan motor bisa diandalkan pada saat basah maupun kering. Sayangnya, saya tak cukup punya waktu bikin setingan bagus di lintasan kering. Coba lintasan kering pun hanya 4 laps. Untuk sementara puas, tapi butuh sedikit perbaikan set-up untuk sesi berikutnya. Fokus saya adalah bertahan di 10 Besar agarlolos otomatis ke Q2,” imbuh Dovi.

Wajar kalau Dovi bilang begitu. Pasalnya, GP15 ternyata rada memble saat dipasangi ban belakang berkompon ekstra lunak. Padahal, ban jatah Open Class itulah yang sejak tahun lalu menjadi kekuatan Ducati melibas single lap. Di FP2, Dovi dan Iannone, sengaja pakai extra soft tyre di bagian akhir latihan dengan fokus mempertajam waktu. Faktanya Iannone hanya sanggup bikin tercepat ke-3 sedangkan Dovi ke-5.

Penggunaan ban khusus itu jelas menjadi analisa tersendiri Ducati untuk dipakai pada sesi Q2 nantinya jika kondisi lintasan dalam keadaan kering. Lain soal jika sesi adu gaspol itu berlangsung hujan, semuanya tentu pakai wet tyre. “Intinya, kami harus tingkatkan set up di beberapa poin jika ingin mencapai podium. Baik basah maupun kering,” tandas Dovi yang tahun lalu bisa podium di Austin dengan motor lawas GP14. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austin, Amerika, 10, 11, 12 April 2015

MotoGP 2015 Austin Jelang FP3&Q2: Marquez Ingin Main Normal, Nggak Juga Gapapa

MotoGP 2015 Austin Amerika Jelang FP3/Q2: Lorenzo Kedinginan, Sakit Dia, Kondisinya Lemah!

MotoGP 2015 Austin Amerika Jelang FP3/Q2: M1 Rossi Tidak Terlalu Buruklah, Katanya!

MotoGP 2015 Austin Amerika FP2: Marquez Tercepat Latihan Bebas Kedua

BAGIKAN