nhk

MotoGP 2015 Austin (Jelang Race): Pole Dramatis Marquez Gara-Gara Lampu Bahaya

ManiakMotor – Untuk sementara takhta Marc Marquez belum terusik di GP Austin. Ia pecahin rekor lagi, kali ini dengan cara dramatis dan tebar ketegangan ke seluruh dunia lewat tayangan langsung pada Sabtu 12 April di Amrik.

Sampeyan yang mungkin turu eh  ketiduran saat Q2 berlangsung tadi pagi, boleh dong diulang ceritanya. Dalam sesi kualifikasi gaspol sepol-polnya berudrasi 15 menit itu Marquez sudah leading saat pakai ban pertama. Seperti musuh-musuhnya, doski lantas masuk pit untuk pakai ban kedua.

Malangnya, belum keluar dari pitlane, Dek Marquez melihat lampu tanda bahaya bernyala di dashboard motornya. Untungnya si Adek ini tenang dan nggak ngotot ngegas. Ia hentikan motor, tinggalkan itu barang, dan berlari kencang balik ke garasi Repsol Honda. Untungnya juga, kru dengan cekatan langsung menyiapkan RC213V cadangan. “Jika lampu indikator tersebut menyala, saya memang dianjurkan untuk berhenti dan matikan mesin karena sangat berisiko,” kata Marquez belakangan.

Ia tak menerangkan apa sebab lampu itu menyala. Ya mudah-mudahan tidak seperti balap bebek di Indonesia, kabelnya ECU-nya korslet, hehe. Tim Repsol Honda dalam rilis resminya yang diterima maniakmotor.com juga tidak menyebutkan detil lampu peringatan itu. Mungkin bagian dari rahasia teknis Brosist! Tim hanya sebutkan tindakan Marquez sudah prosedural karena hal itu kaitannya dengan safety.

Dan, seperti sebagian sampeyan sudah tahu, Dek Marquez pakai itu motor kedua dalam sisa waktu hanya 2 menit 27 detik. Pada lap pertama tak terlalu kencang karena hanya berada di urutan 7, saat rider lain sudah pakai ban kedua lebih awal.

Masuklah di lap terakhir. Dengan skill dan nyali pol, ia libas garis finish dengan catatan fantastis 2:02,135. Rekor baru Bro! Pecahin rekor pole tahun lalu 2:02,773. Telak tuh, melampaui lebih dari setengah detik. Sekaligus meninggalkan Andrea Dovizioso yang sebelumnya jadi pole sitter sementara.

“Saya sangat puas. Semoga balapan besok berlangsung dalam kondisi kering juga. Kalau nantinya hujan, lihat sajalah nanti bagaimana situasnya,” aku Si Adek secara jujur karena memang sulit memprediksi situasi jika terjadi wet race. Jika hujan, anak-anak satelit dan Open Class juga bisa galak lho! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austin, Amerika, 10, 11, 12 April 2015

MotoGP 2015 Austin Jelang Race: Rossi Angkat Marquez, Abaikan Dovi/Lorenzo, M1-nya Kuat

MotoGP 2015 Austin Jelang Race: Berkat The Doctor, Lorenzo ke Front Row

MotoGP 2015 Austin Amerika Q2: Marquez Pole Position, Rossi Ke-4

MotoGP 2015 Austin Amerika FP4: Marquez Tercepat, Ditempel M1

BAGIKAN