nhk

MotoGP 2015: Bos Dorna Janjikan Indonesia Gelar MotoGP, Tapi Harus Bla..Bla…Bla!

ManiakMotor – Sudah bertahun-tahun lamanya para petinggi tim pabrikan Honda dan Yamaha ingin mainkan MotoGP di negeri Indonesia tersayang. Selama itu pula para pembalap top macam Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan terakhir Dani Pedrosa dan Marc Marquez pun bilang ingin tarung d depan fans Indonesia yang kata mereka sangat besar.

 

Sejak krisis moneter melanda Indonesia pada 1998, sejak itu pula Sirkuit Sentul tak lagi menggelar balap motor paling bergengsi setelah penyelenggaraan musim 1996 dan 1997. Carmelo Espeleta yang saat itu bos Dorna dan sekarang pun jadi bos sangat menyayangkan terhentinya event mereka di Sentul dan berharap suatu waktu MotoGP akan kembali hadir di Indonesia. Maklum, doski juga didesak tim-tim elit agar Indonesia kembali masuk agenda karena negeri ini adalah pasar besar dalam blantika indusri dan pasar sepedamotor. Hingga tahun lalu, Direktur tim Yamaha Lin Jarvis maupun Team Principal Repsol Honda Livio Suppo masih rajin berkampanye agar Indonesia bisa menghelat MotoGP.

Kini kesempatan itu terbuka setelah Opa Ezpeleta datang ke Indonesia dan bertemu dengan pihak IMI, Sentul, dan perwakilan pemerintah dari Kemenpora dan Kementerian Pariwisata pada 20 Mei malam di Jakarta.  

“Saya berjanji MotoGP akan hadir lagi di Indonesia. Itu penting buat pembalap dan juga kalangan pabrikan. Tapi, banyak hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu, khususnya merenovasi sirkuit Sentul agar sesuai dengan homologasi yang disyaratkan FIM. Begitu pula infrastrukturnya,” kata Ezpelata yang kedua anak gadisnya juga mengunjungi Sentul pada tahun lalu dan saat itu berjanji akan bilang ke bapaknya agar bawa MotoGP ke Indonesia.

Dalam pertemuan kali ini memang belum ada tanda tangan kontrak. Tapi, setidaknya sudah terlihat upaya-upaya serius untuk menggolkan kemungkinan Sentul menjadi penyelenggara pada musim 2017. Antara lain dengan membentuk tim khusus untuk menggodok segala sesuatunya.

Semoga saja segala upaya itu bisa terealisasi. Indonesia sudah keduluan Thailand dengan sirkuit Buriram-nya yang juga tengah melirik MotoGP, sedangkan Singapura pun disebut-sebut ingin menghelat MotoGP dengan menggunkan lahan milik Malaysia di Johor Bahru.

“Indonesia tak boleh disalip terus oleh negeri tetangga. Saya dan teman-teman di Komisi X akan berjuang untuk mengembalikan hajatan MotoGP ke Indonesia. Apalagi kita punya banyak pembalap muda berbkat yang punya potensi ke panggung dunia,” komentar Moreno Suprapto, mantan pembapa nasional yang kini jadi anggota DPR-RI.

So, ayo semua dukung program #RoadToIndonesia2017! Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Honda Bermasalah, Lorenzo Minta Yamaha Manfaatkan Situasi

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Tes Fisik Pedrosa, Perlu Sedikit Lagi Waktu di Atas RC213V

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Rossi Bisa Makin Ganas Jika Bagus di Q2

BAGIKAN