nhk

MotoGP 2015 Brno (Jelang FP1/2): Rossi Ubah Strategi, Incar Kemenangan

 

 

ManiakMotor – Tadinya Valentino Rossi ingin main ‘aman’ di tiga seri Indianapolis, Brno, dan Silverstone. Tapi, karena kalah dari Jorge Lorenzo di Indy maka The Doctor kini harus putar haluan. Fight meraih kemenangan di ronde 11 MotoGP 2015 di Ceko yang sesi latihannya sudah mulai Jumat 14 Agustus.

Ia tak ingin ulangi perasaan berdebar-debar seperti 24 lap awal dari 27 lap GP Indianapolis lalu. Saat itu JL memimpin balapan sementara The Doctor di urutan 4. Jika itu berlangsung sampai finish, artinya selisih poin mereka berkurang 12 dan Rossi hanya unggul 1 poin di klasemen.

Itu sebabnya ia kemudian fight habis melawan Dani Pedrosa, dan untungnya kemudian JL juga bisa disalip Marc Marquez sehingga selisih poin hanya tergerus 4 poin. Masuk Brno, Rossi masih unggul 9 poin atas JL. “Sekarang terlalu dini jika berpikir amankan poin karena masih ada 8 balapan di depan. Harus fight melawan Marc dan Jorge,” tegas Rossi dalam jumpa pers wajib di Brno pada Jumat 13 Agustus, Rossi telah  7 kali juara di Brno, terakhir musim 2009.

Meski Brno dikuasai Honda dalam 4 musim berturut, Rossi melihat peluangnya di trek perbukitan ini lebih terbuka ketimbang di Indianapolis. Syaratnya, ia harus bisa dapatkan posisi start di depan agar bisa ngelawan MM dan JL. “Q2 menjadi titik lemah saya. Itu yang harus dibenahi dengan cara kerja keras membangun setingan sejak sesi awal. Itu sangat penting. Jika sudah tertinggal di lap awal bakal sangat sulit mengejar mereka,” tegas Il Dottore.

Startegi fight sejak sesi single lap sudah dilakukan Rossi di GP Belanda, Assen, lalu. Hasilnya doski tercepat di FP1, FP3, dan meraih pole position. Kang Rossi pun kemudian menang meski dipaksa keluar jalur oleh Marquez di tikungan terakhir pada lap terakhir.

Itu yang tengah disiapkan Rossi dan tim teknisnya. Dari ulasan lalu seharusnya akan imbang M1 dan RC213V di Brno. Sirkuit dibagi tikungan cepat dan lambat. Apalagi dengan kondisi terkini M1. Nah macam mana hasilnya akan terlihat pada sesi FP1 yang berlangsung Jumat (14/8) ini atau nanti usai sholat Jumat. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Brno (Jelang FP1/2): Marquez Menang Mental, Manfaatkan Rivalitas Rossi – Lorenzo

MotoGP 2015 Brno Ceko (Jelang); Setiap Sektor Sirkuitnya Seimbang..!

MotoGP 2015 Jelang Brno: Lagi-Lagi Lorenzo Bidik Rossi

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 Jelang Brno: Bos Ingatkan Rossi dan Lorenzo, Musuh Mereka Adalah Honda

BAGIKAN