nhk

MotoGP 2015 Brno Jelang (FP3/Q2): Pakai M1 Cadangan, Rossi Makin Ngelawan

 

ManiakMotor – Agar bisa bersaing di sesi Q2, Valentino Rossi memang berencana gaspol sejak sesi latihan. Potensinya terlihat di FP2 meski pakai motor cadangan.

Sama dengan Jorge Lorenzo, The Doctor juga ngeluh dengan panasnya cuaca di Brno yang mencapai 470C. Selain trek memang licin, tambah licin pula dengan kompon ban yang meningkat sehingga tak senyawa dengan aspal. Rossi, katanya, sampai harus kurangi kecepatan drastis di beberapa tikungan agar ban dan aspal tetap dapat kontak, demi hindari celaka.

Tapi, malang tak bisa ditolak karena selalu datang mendadak, The Doctor malah terjungkal di R13. Untung tak cidera. “Motor Dani (Pedrosa) ada masalah dan terdapat tetesan oli di lintasan. Itu yang bikin roda depan saya slip dan meluncur ke gravel. Sesi sore memang menyulitkan semua orang karena soal grip,” katanya.

Balik ke paddock, ia tak mengeluh apalagi menangis. Malah minta M1 cadangan disiapkan karena mau teruskan latihan yang tersisa 10 menit. Dan, dengan motor cadangan itulah ia bisa mengimbangi para pesaing dan berada di urutan 4 tercepat.

Namun, dalam kombinasi waktu dua FP, posisi Rossi berada di urutan 6 karena waktunya di FP1 lebih cepat daripada FP2. Meski begitu terlihat jelas kalau M1 cadangannya lebih tenang pada cuaca yang panas ketimbang motor utama yang fairingnya pada lecet.

Masuk 4 Besar di FP2 dengan motor jelas menjanjikan potensi bagus ke sesi berikutnya. Tapi, Rossi masih tak puas dan siap kerja keras di semua sesi pada Sabtu (15/8) ini. “Memang lebih bagus. Tapi saya harus tetap kejar ketertinggalan, khususnya dari Jorge yang punya pace terbaik hari ini,” kata Rossi, padahal rekan setimnya itu tak sebut-sebut namanya sementara ini.

The Doctor memang layak bidik JL demi pertaruhan dan pertarungan gelar juara dunia. Maklum, keduanya hanya dipisahkan 9 poin. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Moto2, Moto3, 14 – 16 Agustus 2015

 MotoGP 2015 Brno Jelang FP3, FP4, Q2: Ditaksir Ducati, Kent Bisa Tembak Langsung ke MotoGP 2016

MotoGP 2015 Brno Ceko FP2: Marquez Tercepat, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke Gravel

MotoGP 2015 Brno (FP1): Forward Yamaha Kembali Masuk Lintasan, Punya Duit Untuk 3 Balapan

MotoGP 2015 Brno (Jelang FP1/2): Rossi Ubah Strategi, Incar Kemenangan

BAGIKAN