nhk

MotoGP 2015 Brno (Jelang Race): Mungkinkah Rossi dan Lorenzo ‘Bersekongkol’ Saat Balapan?

 

ManiakMotor – Untuk kali pertama musim ini Valentino Rossi start bareng dengan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Trio para juara di kelas raja. Pasti puanassss zzzekali karena tiga-tiganya berambisi juara  race ronde 11 di sirkuit Brno, Ceko pada Ahad 16 Agustus 2015.

Di Assen silam The Doctor juga pole position. Tapi, ‘teman’-nya di baris depan adalah Aleix Espargaro dan Marquez. Bukan Lorenzo yang saat itu grid 8. Kini di Brno, dua joki Yamaha itu start bareng. Keduanyategah terlibat persaingan di papan klasemen. Potensinya keduanya fight demi poin pribadi, bukan meggusur Marquez. Itu yang bikin bos tim Yamaha Movistar merasa perlu megingatkan JL dan VR bahwa musuh mereka itu adalah Honda.

Bisa jadi begitu pula pesan komandan untuk laga di Brno. Keduanya kudu meghindari laga panas yang saling sikut dan sikat. Hindari risiko celaka yang hanya akan menguntungkan Marquez si anak Honda. “Kita akan lihat pertandigan yag benar-benar panas. Bukan cuma cuacanya, tapi juga suhu persaingan di sirkuit,” kipas Direktur Tim Yamaha Movistar Massimo Meregalli yang pastinya akan beri brifing khusus buat timnya jelang balapan.

Sebagai rider profesional, JL dan VR pastilah tahu kalau kepentingan tim di atas segalanya. Mereka wajib kerja bareng alias bersekongkol di lintasan demi menghambat lawan, dalam hal ini Marquez. Tapi, mungkinkah itu terjadi pada saat keduanya justru sangat butuh saling mengalahkan?

Menyimak komentar-komentar Rossi dan JL, sepertinya mereka akan lupakan kepentingan tim dan fokus untuk poin masing-masing. Itulah sebabnya keduanya kerja ekstra di semua sesi jelang race Brno. Rossi, misalnya, tak hentinya menyetel kelincahan motor di chicane agar sanggup start di depan. Menurutnya, hanya degan cara itu bisa melawan MM dan JL meraih kemenangan. Sampai sesi warm up jelang balapan pun Rossi berjanji masih kerja ekstra untuk bikin motornya nurut.

Jawaban sesungguhnya akan terlihat di balapan sore nanti. Strategi macam mana yang dimainkan kubu Yamaha? Membiarkan dua jokinya saling baku pukul atau kejar prioritas utama meyingkirkan Marquez dari daftar kandidat juara dunia 2015? Barulah pada seri selanjutnya mereka berdua hitung-hitungan kembali.

MM dan para ahli strategi Honda pasti sadar hal itu. Pastinya MM juga sudah dibekali taktik agar bisa keluar dari ‘himpitan’ JL dan VR. Tapi dari pace sepanjang sesi, MM akan kesulitan dengan kecepatan M1 Lorenzo. Celah Lorenzo lebih besar dari Brno bila diterawang dari sesi-sesi penentu macam FP4 dan Q2. Motor Lorenzo yang tahun lalu kalah di sektor 2 dan 3, kali ini bisa mengimbangi kecepatan Honda. Belum lagi Rossi jagoan balapan di hari Minggu. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Moto2, Moto3, 14 – 16 Agustus 2015

 MotoGP 2015 Brno (Jelang Race): Rossi Belum Puas Front Row, Masih Cari Setingan Di Warm Up

MotoGP 2015 Brno Ceko Q2: Kualifikasi Lorenzo Pole, Marquez Ke-2, Rossi Front Row

MotoGP 2015 Brno Ceko FP4: Lorenzo Dan Rossi 1 -2, Makin Dapat Set-Up-nya

BAGIKAN