nhk

MotoGP 2015 Brno Jelang Race: Sector (Sektor) 1 Dan 2 Milik M1 Rossi Dan Lorenzo, 3 – 4 Marquez

ManiakMotor – Pada Q2 memang dari semua sector berimbang antara Honda dan Yamaha seperti pengantar awal. Tetapi Q2 bukan patokan untuk kecepatan lomba. Sesi ini motor disetel untuk adu cepat. Misalnya membawa bahan bakar sedikit. Bolelah sekadar patokan, motor mudah diajak bermanuver pada kecepatan tinggi. Maksudnya, kencang aja nurut apalagi lebih pelan seperti kecepatan lomba yang rata-rata lebih lambat 1 detik dari Q2.

Untuk mengamati kecepatan rata-rata di balapan yang berlangsung Minggu 16 Agustus nanti sore boleh patokannya FP4 dan Q2. Kontestan papan atas di sesi FP4 telah memasang set-up balapan. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez sudah pakai ban keras depan belakang, tidak seperti Q2 ban belakang menggunakan medium. Komposisi ban di FP4 bila cuaca konsisten, kemungkinan 1000 persen itulah yang digunakan di lomba pula. “Tapi saya belum puas. Sesi warm up masih akan mengorek motor agar lebih cepat,” jelas The Doctor.

Honda boleh leluasa di Brno empat tahun belakangan, mereka unggul di sector 2 dan 3 bahkan sampai 4. Sector 2 – 3 yang butuh akselerasi dan deselerasi. Di situlah tikungan-tikungan lambat yang jadi andalan Honda. Herannya di sector 2 si Marquez yang tahun lalu bisa telak di Q2, kali ini dia kalah. Sekadar catatan, sector 1  dari lintasan finish line sampai R3 memang milik Yamaha dengan tikungan-tikungan cepatnya. 

Patokan FP4 tahun ini, memang Marquez yang lebih cepat dari Lorenzo di sector 2. Marquez mencetak 35.089 detik dan Lorenzo  35.094 detik. Tapi tetap M1 yang kencang di situ lewat Valentino Rossi yang mencetak 35.084 detik. Antara ketiganya memang tipis. Coba lihat Q2 di sector 2, Lorenzo dapat 34.666  detik dan Marquez 34.671 detik. Sedangkan Rossi 34.735 detik. Lagi-lagi Yamaha menang yang tahun lalu di Q2 tertinggal jauh.

Sekarang sector tiga yang dipenggal dari FP4 dan Q2. Kalau dibandingkan tahun lalu di Q2, Yamaha nggak ada apa-apanya dengan Honda. Tapi tahun ini di FP4, Yamaha bisa mendekat. Sedang di Q2 masih Honda yang tipis dengan M1 Lorenzo. M1 Rossi unggul di FP4 dari Marquez di sector 3. Untuk jelasnya silakan lihat gambar.  Lalu sector 4 yang singkat saja, boleh diperbandingkan di gambar itu  yang masih milik Honda. Sebenarnya sih ada sector dikuasai Ducati, tapi di lomba sebenarnya merek ini boleh disepelekan sebentar.

Dan penentunya bukan angka-angka tersebut saat race, tapi bendera finish siapa yang di depan nanti. Dilihat dari kecepatan dan didengar dari suara mesin, jangan lupa M1 meningkat di sektor-sektor tersebut karena penggunaan SSG yang aktif turun-naik gigi berikut sasis baru mereka. Ada tambahannya, kemungkinan Yamaha memilih strategi pakai mesin baru. Setiap akselerasi anteng bangat dan suaranya padat pula. Penggunaan mesin yang dijatah 5 unit per musim, juga bagian dari strategi. Sedang Honda dari suara dan laga jokinya, kayaknya pakai mesin bekas, mungkin dari Jerman dan Indy sudah digunakan yang baru dan sisanya untuk strategi di sisa 7 balapan. Gitu elmu kira-kiranya soal mesin. Kala soal kecepatan setiap sektor, itu data, bukan kira-kira. Ito   

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Moto2, Moto3, 14 – 16 Agustus 2015

 MotoGP 2015 Brno (Jelang Race): Marquez Menang Nyali dan Brutal, Rossi/Lorenzo Pengalaman

MotoGP 2015 Brno (Jelang Race): Hampir Sempurna Buat Lorenzo, Tunggu Pelengkap di Raceday

MotoGP 2015 Brno (Jelang Race): Mungkinkah Rossi dan Lorenzo ‘Bersekongkol’ Saat Balapan?

MotoGP 2015 Brno (Jelang Race): Rossi Belum Puas Front Row, Masih Cari Setingan Di Warm Up

 

   

BAGIKAN