nhk

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Rossi Ngaku Salah Set-up M1, Bersyukur 3 Besar

 

ManiakMotor – Usai balapan GP Brno lalu Valentino Rossi sangat kecewa finish podium ke-3. M1-nya nggak bisa ngejar Jorge Lorenzo maupun Marc Marquez. Sehari kemudian, eh The Doctor malah bersyukur.

Tadinya doski penasaran karena harusnya bisa lebih kencang 0,3 atau 0,4 detik per lap. Setelah membedah semua data balapan, Rossi dan tim teknisnya akhirnya menemukan letak masalah. Tak lain karena ada kesalahan saat menyetel ulang M1 saat warm up. Sesi tersebut memang diincar Rossi untuk mengoreksi set-up motornya, lantaran di Q2 masih kalah laju. Makanya, time rata-ratanya saat lomba melorot dari FP4 yang sebenarnya sudah oke. Ya makanya jangan banyak diutak-atik, hehe.

Sejak sesi latihan, Rossi sudah tentukan pilihan ban berkompon keras untuk depan dan belakang saat raceday. Ia yakin ban itu yang lebih tepat untuk menuntaskan balapan berjarak total 118,9 km dalam 22 lap. “Tapi ada kesalahan kecil saat utak-atik motor jelang race. Jadi, persoalnnya bukan karena telat start tapi memang motor nggak lari. Ban depan dan belakang kurang daya cengkeram,” ucap Rossi yang memang tampak kewalahan di beberapa sudut tikungan.

Ia tak sebut kesalahan macam apa, tapi tentunya merujuk pada setingan yang tak kompak dengan grip ban. Dari ilmu kira-kira, wilayah itu hanya ada pada suspensi, mapping kontrol traksi dan sebagainya deh, lagian nggak disebut.   Sekadar perbandingan, Lorenzo saat itu pakai kombinasi ban medium – medium, sementara Marquez komposisinya medium di depan dan ban keras di belakang.

Menyadari hal itu, The Doctor yang tadinya mangkel jadi berubah sikap. Malah merasa bersyukur bisa finish podium dalam situasi demikian. “Ya, untung saja pembalap di belakang saya juga kesulitan grip dan mungkin lebih parah. Saya beruntung tak disalip mereka,” lanjut Rossi yang finish dengan selisih waktu 10 detik di belakang Lorenzo, padahal di sesi FP4 dan Q2 ia bisa imbangi dengan bukti start ke-3.

Itu pastilah jadi peringatan buat Kang Rossi dan tim teknisnya, bahwa memodifikasi motor jelang balapan itu  memang kudu ekstra teliti. Takboleh lagi terjadi mulai seri Silverstone akhir Agustus sampai seri terakhir di Valencia kelak. Wah malah ngajarin burung terbang, hehe. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Strategi Rossi Mandeg, Motor Tak Mumpuni

MotoGP 2015: Pemerintah Pusat Intervensi, Brno Lanjut 5 Tahun

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Akui Lorenzo, Marquez Bersyukur Kalahkan Rossi

MotoGP 2015 Brno (Race): Lorenzo Juara, Menggeser Rossi Di Klasemen

 

BAGIKAN