nhk

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Taktik Jitu Lorenzo, Bikin Marquez Tak Mampu Mendekat

 

ManiakMotor – Kalau punya motor kencang, mau mainkan taktik macam apapun ya pasti enak-enak saja. Begitulah Jorge Lorenzo yang mendominasi race GP Brno pada Ahad 16 Agutus kemarin, dari start sampai finish tanpa sekalipun terancam musuh. Kabur duluan sekaburnya sampai juara ronde 11 MotoGP 2015.

Lepas dari mantapnya performa M1 sejak sesi latihan, kemenangan penting itu juga ditunjang oleh strategi brilian Mas Lorenzo. Ia ubah taktik saat main di Q2 dengan hasil pole position, makanya di raceday juga ia gunakan taktik berbeda.

Ia sudah perkirakan kemungkinan taktik yang sama dari Marc Marquez di Indianapolis dan ingin diantisipasi sejak awal. “Harus menjauh secepat mungkin dari pepetan Marquez. Saya berjuang keras karena sulit mengembangkan speed dalam keadaan tangki bahan bakar masih penuh,” katanya.

JL memanfaatkan motornya yang mau diajak berlari di atas limt. Limitnya dia tentu berbeda dengan limitnya motor Marquez. Motor JL tanpa dipaksa dan motor MM harus dipaksa. Karena itu, JL nge-push  untuk hindari permainan Marquez macam di Indy. Saat itu, MM menempel terus di buntut M1 JL dengan keuntungan stamina joki maupun motor.

JL tak trauma dengan kekalahan di Indy, tapi tak ingin masuk pada parangkap  yang sama. Apalagi di Brno juga MM kelihatannya akan menerapkan taktik serupa karena terus menempel JL sejak lap pembuka tanpa terlihat upaya mengambil alih posisi.

“Motor saya sedikit lebih kencang dan cukup untuk menghindari risiko serupa. Seiring dengan berkurangnya bahan bakar,  sedikit demi sedikit bisa menjauh. Di pertengahan lomba unggul 0,1 atau 0,2 detik saja per lap, dan setelah itu terus saya coba konsisten,” tambah JL yang akhirnya finish dengan selisih waktu 4,462 detik dari Marquez, tergolong telak di kalangan pemain utama MotoGP.

 Tak hanya juara, JL sekaligus sukses mengkudeta posisi Valentino Rossi sebagai pemimpin klasemen. Total poin kedua joki Movistar Yamaha ini sama, tapi JL yang number one karena punya jumlah kemenangan musim ini yang lebih banyak dari The Doctor, 5 banding 3. “Ini balapan yang hasil akhirnya sempurna, sesuai harapan. Saya dan valentino memimpin bersama dan saat sama menjauh lima poin dari Marc,” imbuh JL yang sekarang sangat mudah tersenyum. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Moto2, Moto3, 14 – 16 Agustus 2015

MotoGP 2015 Brno (Race): Lorenzo Juara, Menggeser Rossi Di Klasemen

MotoGP 2015 Brno (Jelang Race): Komentar Biaggi Remehkan Rossi, Unggulkan Lorenzo

MotoGP 2015 Brno Ceko (Warm Up): Masih Lorenzo Yang Cepat, Rossi Keempat

BAGIKAN