nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP1/2): Suzuki Punya Mesin Anyar, Biar Mantap di Trek Lurus

ManiakMotor – Lama dinanti akhirnya Suzuki menggelindingkan mesin baru untuk GSX-RR tunggangan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Juga bawa SSG (Seamless Shift Gearbox) tuh! Semoga saja tenaganya besar yang beguna untuk akselerasi keluar tikungan dan top speed di trek lurus.

Kalau Honda milik Marc Marquez kegedean power dan nakal di tikungan, sebaliknya dengan GSX-RR. Espargaro sudah buktikan di awal musim kalau motor pendatang baru MotoGP itu lincah meliuk di tikungan. Katanya juga enak di area pengereman. Ya karena kekecilan tenaga untuk ukuran MotoGP.

Bukan hanya di top speed  kalah rata-rata 10 kpj, tapi setiap keluar tikungan lelet cabut-cabutnya. Saat berakselerasi itu minta ampun karena rata-rata 10 meter kemudian baru dapat tenaga. Beda dengan Honda, Yamaha dan Ducati yang punya power mumpuni dan juga dilengkapi SSG.

Masuk Catalunya pekan ini, duet pembalap tuan rumah Espargaro dan Vinales bolehlah tersenyum lebar. Suzuki sudah menuntaskan pengembangan mesin barunya yang kabarnya dapat tambahan tenaga sekitar 20hp. Suzuki punya keleluasaan karena tarung di bawah bendera Open Class seperti halnya pabrikan Ducati dan Aprilia yang punya jatah 12 mesin. Tentu belum semua mesin disegel.

“Tak sabar untuk mencobanya di depan fans sendiri. Penantian yang lama. Saya percaya kerja keras para insinyur Suzuki di pabrik Jepang ini akan sesuai dengan harapan. Sayaan  akan persembahkan hasil terbaik,” kata Espargaro yang baru sembuh dari cidera patah tulang jempol.

Hal senada diapungkan Vinales, sang rookie musim ini. Suzuki juga dikabarkan bawa peranti SSG ke Catalunya. Sayangnya tidak dikonfirmasi apakah sudah siap dipakai saat raceday atau  hanya untuk uji coba pada sesi tes khusus MotoGP yang dibuka sehari setelah GPCatalunya atau Senin (15/6). Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP1/2): Knalpot Baru Agar Marquez Lebih Nyaman

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP1/2): Rossi Ingin Menyerang, Lorenzo Tak Ingin Terlena

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: GP15 Terus Laju, Tiba Saatnya Joki Ducati Saling Terkam

MotoGP 2015 Jelang Catalunya: Paket Baru Marquez, Untuk Redam Liarnya RC213V

BAGIKAN