nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP3/Q2): Mesin Baru Suzuki GSX-RR Tokcer, Top Speed-nya Masih Payah

ManiakMotor – Mesin baru yang digendong Suzuki GSX-RR ke Catalunya rupanya cukup ampuh karena sudah dapat power tambahan. Mermang Aleix Espargaro belum bisa dapatkan top speed yang diinginkan. Namun akselerasi setiap keluar tikungan lebih kuat.

Pada trek lurus Catalunya yang panjangnya 1,047 km itu, Aleix hanya bisa bikin topspeed 335,9 km/jam. Juniornya, Maverick Vinales, bikin 335,6 km/jam. Kalau dibuatkan peringkatnya, maka top speed mereka hanya urutan 15 dan 16. Paling top adalah Marc Marquez yang bikin 344,0 km/jam diikuti Dani Pedrosa 344,6 km/jam. Joki Ducati macam Yonny Hernandez (Pramac Ducati), Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso masuk 5 besar dengan kisaran 343 km/jam sedangkan duet Yamaha Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi cuma main di kisaran 337 km/jam..

Artinya, tambahan power sekitar 20-an hp pada GSX-RR belum bisa menggapai akselerasi kuat dan top speed yang laju. Bisa saja, setelan di Catalunya mengutamakan power bawah, untuk membela tikungan. Apalagi ada dugaan GSX sudah menggunakan SSG untuk memperlancar akselerasi dari gigi ke gigi.

Apa pun itu, sepak terjang sementara ini cukup menghebohkan. Suzuki mampu kalahkan semua kontestan. Bahkan duet Yamaha Jl dan VR sementara ini yang notabene pemimpin klasemen.Aleix jelas bangga, ia terharu katanya karena dukungan tim yang begitu besar. Mesin tokcer yang baru keluar pabriknya di Jepang itu sungguh membuatnya enak.

Katanya motor stabil dan itu bikin kepercayaan dirinya makin tinggi untuk coba laptime maksimal. “Memang ini baru sesi latihan, tapi kami sudah membuat lompatan besar dalam pengembangan motor.  Karakter Catalunya membutuhkan motor yang handling-nya benar-benar presisi di tikungan,” ucap Aleix yang rumah ortunya tak jauh dari sirkuit dan sejak kecil ya latihan balap di trek itu.

Ia akui masih perlu utak-atik elektroniknya untuk disesuaikan dengan karakter mesin baru. Dan,yang tak kalah penting adalah menguji daya tahannya untuk menembus banyak lap pada lomba.  Percuma saja jago di single lap kemudian memble saat raceday. Nah, ditunggu hasil simulasi balapan jika bisa dilaksankan hari ini. Soalnya, kan Catalunya terancam hujan! Atau sekalian tunggu saja kemampuan GSX-RR di lintasan basah! Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya Jelang FP3/Q2: Rossi Khawatir Soal Q2, Posisi Sementara Ke-11

MotoGP 2015 Catalunya FP2: Aleix Tercepat, Rossi Terlempar Dari 10 Besar

MotoGP 2015 Catalunya FP1: Marquez Tercepat, Rossi Di Posisi Setianya

BAGIKAN