nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP3/Q2): Perang Terbuka Ducati vs Suzuki, Power vs Power

ManiakMotor – Ducati GP15 biasanya sangat galak di sesi single lap. Tapi di GP Catalunya gagal masuk 3 Besar, dikalahkan Suzuki yang sejatinya musuh utama Ducati di kelas Factory2 dan sama-sama punya fasilitas Open Class. Perang terbuka sepertinya akan dimulai.

Karena bertarung dengan regulasi yang sama, Ducati vs Suzuki akan jadi perhatian tersendiri. Karena itu tak salah  kalau pentolan Ducati menyoroti khusus penampilan Aleix Espargaro yang sementara ini membawa Suzuki GSX-RR tercepat dalam sesi latihan.“Saya sama sekali tak kaget melihat kecepatan Suzuki, power motor mereka pas di trek ini,” kata Dovi yang ban belakangnya godek-godek di Catalunya seperti foto jepretan crash.net di atas.

Kondisi trek Catalunya memang minim grip dan di banyak bagian bergelombang akibat dilindas mobil-mobil Formula1 yang melakukan tes mobil di sana. Kondisi itu, kata Dovi, menguntungkan motor yang punya power lebih rendah seperti Suzuki. Ia sendiri mengakui power GP15-nya terlampau besar di trek ini sehingga laju  motor jadi liar dan sulit dikontrol.

“Saya kira hal itu yang menguntungkan Suzuki. Memang tak butuh power besar dalam kondisi trek seperti ini. Lagi pula Aleix memang pembalap cepat dan selalu kencang di single lap. Saya senang melihatnya tapi sama sekali tak merasa terkejut,” ucap Dovi yang sementara berada di urutan 4 tercepat dan mempermasalahkan kondisi sirkuit itu lewat Komisi Keselamatan.

Yakin dengan analisanya, Dovi pun berpkir untuk meneurunkan power GP15-nya  dengan merangkai ulang setingan elektronik dan traction control-nya. Selain demi balapan yang aman dan nyaman, itu adalah cara yang ia yakini bakal sanggupmelawan tim Suzuki maupun pabrikan Honda dan Yamaha.

Kalau begitu, ayo ditunggggu!  Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP3/Q2): Nomor 7 Sementara, Lorenzo Masih Percaya Diri dan Tetap Jagain Rossi

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP3/Q2): Marquez Masih ‘Kesal’ dan Tetap Ngeyel, Pedrosa Test 2 Swingarm

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP3/Q2): Mesin Baru Suzuki GSX-RR Tokcer, Top Speed-nya Masih Payah

MotoGP 2015 Catalunya Jelang FP3/Q2: Rossi Khawatir Soal Q2, Posisi Sementara Ke-11

BAGIKAN