nhk

MotoGP 2015 Catalunya Jelang FP3/Q2: Rossi Khawatir Soal Q2, Posisi Sementara Ke-11

ManiakMotor – Kendati Valentino Rossi dan pasukannya mengaku berhasil menyetel balance M1, kenyatannya dia berada di luar 10 besar. Di FP2 pada Jumat 12 Juni kemarin, M1-nya katanya enak menari di 13 tikungan sirkuit Catalunya, Spanyol. Tapi dia hanya mampu berlari 1 menit 42.3 detik. Sedangkan yang paling cepat sudah 1 menit 41.1 detik alias masih tekor 1 detik.  

Rossi ke-11 dari kombinasi dua FP. Tempat yang rawan untuk masuk langsung ke Q2. Disebut rawan seandainya di FP3 hujan, sehingga catatan yang FP2 yang jadi patokan maju ke Q2. Kan lintasan basah sulit melewati time sebelumnyya. “Memang  khawatir soal posisi, karena di luar 10 besar. Terlalu banyak yang cepat di FP2. Saya malah disingkirkan Redding dari posisi 10,” kata Rossi yang tetap bilang ke-11 tidak terlalu buruk yang penting motor mulai ketemu sesuai maunya dewek.

Joki Movistar Yamaha itu tetap berharap pada Sabtu 13 Juni terutama FP3 untuk memperbaiki laju dirinya. Maksudnya soal cepat itu, tinggal tergantung cara bawa. Sesuai tujuannya di Catalunnya, Rossi tak mau berkutat dari belakang saat race. Mau harus mau, mendongkrak posisi start yang penentuannya di sesi kualifikasi atau qualifying2 alias Q2. Sebelumnya harus kencang dulu di FP3 untuk langsung ke kualifikasi utama.

Rossi sebenarnya ora  peduli dari posisi mana dia akan start. Yang dia lacak adalah konsisten motor menjejak sirkuit setiap lapnya saat sesi latihan bebas. Tapi persoalannya dalam tiga seri lalu, ia kesulitan mendekati Jorge Lorenzo  teman setimnya  yang juara melulu tiga kali berturut sejak dari Jerez.  Itu karena Rossi kelamaan dari belakang akibat dari posisi grid start yang tidak mendukung.

Karena itu Sabtu ini Rossi tetap punya niat menembah kecepatan untuk mengamankan pada Q2. “Soal motor sebenarnya sudah oke di Catalunya. Kami sudah menemukan setelah keseimbangan yang selama ini menganggu. Tinggal mendorongnya lebih keras dan yang penting cuaca pada Sabtu ini normal,” jamin The Doctor.

Ditunggu Doc. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya FP2: Aleix Tercepat, Rossi Terlempar Dari 10 Besar

MotoGP 2015 Catalunya FP1: Marquez Tercepat, Rossi Di Posisi Setianya

MotoGP 2015 (Jelang Race): Memori Enam Tahun Lalu Di Catalunya Rossi Vs Lorenzo

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang FP1/2): Suzuki Punya Mesin Anyar, Biar Mantap di Trek Lurus

 

 

 

 

BAGIKAN