nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang Race): Penantian Suzuki, Kuat Berapa Lap?

ManiakMotor – Sukses Suzuki mencaplok pole position dan runner up di GP Catalunya memang sensasi bersejarah. Tapi, sungguh kurang kuat dijadikan  referensi memprediksi Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menaiki podium. Kandidat terkuat masih Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Hal itu diakui Aleix yang jadi pembalap paling berpengalaman menggunakan extra soft tyre sejak diperkenalkan tahun lalu. Ia juara Open Class 2014 yang acap masuk 3 Besar single lap tapi kemudian ambruk saat balapan. Ban itu hanya manjur saat diajak tarung pada single lap. Untuk balapan, hanya tim pabrikan Honda dan Yamaha yang punya alokasi ban keras di roda belakang, sementara tim Factory2 dan Open Class hanya punya yang grade-nya sampai tingkat medium.

Namun, sah saja kalau Aleix optimis bisa melawan JL, VR dan MM menuju podium. Pasalnya, ia sudah coba simulasi dengan menggunakan ban bekas pakai dan hasilnya positif. “Kami lakukan itu di sesi FP4 seolah sudah main 25 lap. Saya yakin bisa mengimbangi para pembalap top ,pace kami tak jauh beda,” kata Aleix yang mencetak pole kedua kalinya sepanjang karir MotoGP. Yang pertama didapat di GP Belanda, Assen, tahun lalu kala kualifikasi berlangsung hujan.

Bagi Suzuki, terakhir kalinya meraih pole terjadi musim 2007 di Assen lewat Chris Vermeulen. Tapi, meraih posisi 1-2 ya baru kali ini terjadi. Setidaknya jadi tanda bahwa mesin baru yang diusung GSX-RR memang layak diwaspadai lawan.“Kehebatan motor ini fantastis. Saat mencobanya sampai limit maksimal saya hampir celaka, dan pastinya saya akan push 100% saat balapan. Mari mengatupkan tangan dan berdoa semoga cuaca cerah saat balapan. Main di lintasan kering akan lebih menarik bagi penonton dari berbagai penjuru,” katanya lagi.

Dan, mari kita nantikan juga, seberapa konsisten GSX-RR dalam balapan. Mampukah melawan Honda dan Yamaha sampai garis finish atau malah akan sibuk melayani Ducati   yang juga main dengan regulasi Open Class? Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang Race): Rossi Ubah Strategi, Dimatangkan Saat Balapan

MotoGP 2015 Catalunya Q2: Suzuki Pole Position, Rossi Kembali Ke Posisinya

MotoGP 2015 Catalunya FP4: Tercepat Iannone, Marquez Menyusul

BAGIKAN