nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang Race): Rossi Ubah Strategi, Dimatangkan Saat Balapan

ManiakMotor – Strategi awal Valentino Rossi mendapatkan grid position di depan atau setidaknya di dekat Jorge Lorenzo tak berjalan. Ia tetap saja di row 3 atau persisnya posisi ke-7 dan itu pun diperoleh dengan susah payah. Berarti bukan ke-9 seperti tulisan kemarin. Maaf itu salah. Tapi berangkat dari mana pun, The Doctor tak pernah nyerah, malah siapkan strategi lain.

Yang paling penting, katanya, ia sudah  dapatkan basis set-up yang membuatnya nyaman di atas M1. Pace yang sudah bisa main di kisaran 1 menit 41 detikan menurutnya sudah cukup bagus, Kecepatan rata-rata yang dibutuhkan saat race juga segitu, amalah 1 meni 41 koma gede.Katanya kecepatan ini akan diuji lagi saat warm-up jelang balapan. “Saya sudah coba pakai ban bekas untuk menakar daya tahan ban saat balapan nanti. Soal ban ini sangat menentukan, khususnya setelah 10 laps ke atas,” komentarnya menyongsong raceday yang dijadwal berlangsung 25 laps itu.

Karena gagal menerapkan strategi mendapatkan hasil bagus di Q2, Rossi pun rencanakan strategi lain yang sebenarnya tak baru dan acap ia lakukan. Yakni menyerang lawan setelah separoh lomba, tak lagi sejak awal seperti rencana sebelumnya.  Untuk mendekati Jorge Lorenzo yang start dari front  row, katanya, upaya pertama yang harus dilakukan adalah masuk grup depan secepat yang bisa dilakukan.

Cara itu agar kasus di Mugello tak terulang saat ia tak lagi mampu kejar JL karena sudah terlampau banyak buang waktu di awal. “Setelah itu saya akan mencoba mempelajari dan memahami situasi setelah separoh balapan, saat daya cengkeram ban mulai tergerus,” tandas Il Dottore yang memang terkenal jago mengubah-ubah strategi sesuai kondisi di lintasan.

Seperti ditulis sebelumnya,  sejak awal fokus Rossi memang tertuju kepada JL sebagai rival terdekat di klasemen dengan beda 6 poin. Ia sama sekali tak menyinggung potensi ancaman duet Suzuki yang sukses mencaplok pole position dan urutan kedua. Seperti rider lainnya, Rossi pasti tahu sukses Suzuki tertolong oleh ban slick ekstra lembut jatah Open Class yang memang mantap di sesi kualifikasi tapi dipastikan tak  bakal kuat bertahan dalam balapan  25 lap.

“Sangat percaya diri dengan motor saya, yakin bisa diandalkan,” tegas Rossi yang sangat sibuk menyiapkan setingan buat kualifikasi kala latihan bebas sehingga tak bisa lakukan simulasi balap sebagaimana dilakukan rivalnya, JL dan Marc Marquez.

Dan, harap dicatat bos, kalau Rossi sudah bilang yakin dengan motornya maka itu berarti sudah siap fight untuk pertahankan posisi sebagai pemimpin klasemen sementara. Pastilah ogah dikudeta JL. Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya Q2: Suzuki Pole Position, Rossi Kembali Ke Posisinya

MotoGP 2015 Catalunya FP4: Tercepat Iannone, Marquez Menyusul

MotoGP 2015 Catalunya FP3: Luar Biasa, Vinales Dengan Suzuki Tercepat, Rossi Selamat..!

BAGIKAN