nhk

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang Race): Saatnya Lorenzo Ambil Alih Posisi Rossi?

ManiakMotor – Start dari urutan tiga ibarat pole position buat Jorge Lorenzo. Apalagi musuh dekatntya sekaligus teman setimnya,  Valentino Rossi start dari row 3. Tibalah saatnya jadi pemimpin baru klasemen? “Pemimpin klasemen? Saya tak tahu. Itu sangat tergantung pada hasil balapan nanti,” ujar JL sembari senyum.

 

Doski akan sukses mengkudeta kepemimpinan Rossi sejak awal musim jika menang pada race GP Catalunya Minggu (14/6) ini sementara The Doctor finish ke-3 atau lebih  parah. Sebuah kemungkinan yang sangat logis mengingat M1 JL yang begitu kencang belakangan ini. Termasuk di Catalunya, masih kencang meski  menggunakan ban yang sudah dipakai pada sesi sebelumnya alias ban bekas. Ia sudah dapatkan set up yang diinginkan sementara Rossi masih berkutat dengan setelan motornya.

Meski begitu JL tak bisa mengesampingkan Rossi karena rekan setimnya itu justru selalu tampil beda pada raceday. “Valentino itu hanya balapan pada Minggu. Tak penting baginya pole position. Lihat saja statistiknya, jumlah pole-nya sangat sedikit dibandingkan jumlah  kemenangan yang ditorehnya. Motor kami kompetitif dan saya tahu Vale tengah menyusun set up terbaiknya. Ia tetap favorit kuat di sini,” katanya.

Satu sisi, katanya, ia senang kalau bisa finish 1-2 bersama Rossi sebagai tim karena musuh mereka adalah Honda, Ducati, dan kini juga Suzuki. Tapi, di sisi lain menyangkut perebutan gelar, ia tentu diuntungkan jika ada beberapa pembalap lain yang finish di depan Rossi. “Susahnya, Valentino selalu kencang saat balapan dan selalu podium.” 

Lawan lain yang kudu diwaspadai JL adalah Marc Marquez yang start dari urutan  4. RC213V-nya mulai membaik setelah dipasok paket elktronik dan knalpot baru. Nah, jika komposisi podium JL, MM, dan VR maka itulah saatnya Lorenzo menjadi pemimpin baru.

Ancaman Suzuki? “Saya sempat membuntuti mereka di lintasan. Stabilitasnya sangat bagus di dalam tikungan. Traksi roda pun mantap begitu keluar tikungan. Tapi, saat balapan mereka akan pakai ban normal dan itu sepertinya akan jadi kesulitan tersendiri,” beber JL.  Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP Catalunya, Sapnyol, Moto2, Moto3, 12 – 14 Juni 2015

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang Race): Fokus Menyerang Yamaha, Marquez Tidak Takut Celaka

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang Race): Penantian Suzuki, Kuat Berapa Lap?

MotoGP 2015 Catalunya (Jelang Race): Rossi Ubah Strategi, Dimatangkan Saat Balapan

BAGIKAN